PENGENALAN GEOGRAFI DAN PENGINDERAAN JAUH KEPADA SISWA SMK MOJOSONGO, BOYOLALI

Authors

  • Vidya Nahdhiyatul Fikriyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nirma Lila Anggani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Umar El Izzudin Kiat Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Umrotun Umrotun Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3417

Abstract

Sektor perkebunan dan pertanian patut menjadi perhatian di Indonesia. Terutama kaitannya dalam mendukung salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan yakni untuk mengakhiri kelaparan (zero hunger). Salah satu jenis Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia adalah SMK yang berbasis pertanian. Di sisi lain, ilmu geografi dan khususnya penginderaan jauh diketahui dapat diaplikasikan untuk kajian perkebunan dan pertanian. Untuk itu, dalam rangka memberikan gambaran kepada siswa tentang ilmu geografi dan penginderaan jauh serta aplikasinya untuk aspek perkebunan dan pertanian, maka kegiatan pengabdian ini dilaksanakan. Sasaran peserta kali ini adalah siswa- siswi SMK Mojosongo di Kabupaten Boyolali. Kegiatan dilaksanakan melalui penyampaian materi dan diskusi. Diketahui peserta memberikan kesan positif terhadap kegiatan yang dilaksanakan. Diharapkan dengan kegiatan pengabdian ini, siswa dapat mengenal pendekatan ilmu geografi dan mengetahui penggunaan penginderaan jauh untuk kajian perkebunan dan pertanian.

Keywords:

geografi, pertanian, perkebunan, SMK

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 234
Downloads Count: 208

Published

2022-10-12

How to Cite

Fikriyah, V. N., Anggani, N. L., Kiat, U. E. I., & Umrotun, U. (2022). PENGENALAN GEOGRAFI DAN PENGINDERAAN JAUH KEPADA SISWA SMK MOJOSONGO, BOYOLALI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(4), 809–813. https://doi.org/10.31949/jb.v3i4.3417

Issue

Section

Articles