PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN ENTREPRENEUR KREATIF PADA PENGELOLA KOPERASI DI SMP NEGERI 25 KERINCI

Authors

  • Mohamad Muspawi FKIP Universitas Jambi
  • Sophia Rahmawati FKIP Universitas Jambi
  • Bradley Setiyadi FKIP Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1531

Abstract

Koperasi adalah suatu perkumpulan yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum untuk menjalankan usaha bersama dengan cara bekerja sama secara kekeluargaan untuk mencapai kesejahteraan para anggotanya. Kedudukan Koperasi dalam perekonomian Indonesia tercantum pada pasal 33 Undang-Undang Dasar 1945 yang menempatkan koperasi sebagai salah satu sektor ekonomi dalam kedudukannya sebagai: (a). Soko guru perekonomian nasional. (b). Bagian integral tata perekonomian nasional. (c). Peranan koperasi dalam kehidupan ekonomi bangsa Indonesia. Tujuan dilaksanakannya workshop pembinaan dan pelatihan ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa kewirausahaan, pengetahuan manajemen praktis, serta pengetahuan dan keterampilan mengelola koperasi, sehingga mampu mengembangkan kewirausahaan bagi Pengelola Koperasi di SMP Negeri 25 Kerinci yang terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Gunung Tujuh, Kabupaten Kerinci. Metode yang akan digunakan dalam program pengabdian mayarakat Integratif ini adalah melalui: a) metode ceramah; b) metode integratif teoritis, pengalaman praktis dan praktek atau praktek demonstrasi (berdasarkan materinya); c) serta tutorial melalui pendekatan manajemen praktis (manajemen produksi, manajemen keuangan manajemen pemasaran, dsb), manajemen usaha kecil-mikro dan kewirausahaan (berdasarkan substansinya).

Keywords:

pembinaan, pelatihan, kewirausahaan, koperasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 339
Downloads Count: 368

Published

2021-11-01

How to Cite

Muspawi, M., Rahmawati, S., & Setiyadi, B. (2021). PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN ENTREPRENEUR KREATIF PADA PENGELOLA KOPERASI DI SMP NEGERI 25 KERINCI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 848–852. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1531

Issue

Section

Articles