PELATIHAN PENYUSUNAN P5 UNTUK GURU-GURU SE KABUPATEN MADIUN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA

kurikulum merdeka, P5

Authors

  • Julianto Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Fatkur Rohman Kafrawi Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Dhani Kristiandri Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Muhammad Reza Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Fitria Hidayati Universitas WR Supratman, Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Kurniasari Universitas WR Supratman, Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Endah Rahmawati STKIP PGRI Bandar Lampung, Lampung, Indonesia
  • Suprayitno Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Asri Susetyo Rukmi Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.15228

Abstract

Permasalahan mitra yang muncul pada sekolah dasar negeri dan swasta se-Kabupaten Madiun yakni pemahaman akan materi terkait penyusunan P5 dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, cara mengembangkan dan penerapan dalam pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu, tim pengabdian kepada masyarakat melakukan suatu terobosan berupa pelatihan dalam penyusunan P5 dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, mengembangkan dan menerapkan dalam pembelajaran di kelas dengan baik dan benar.  Pola pelatihan yang digunakan meliputi presentasi, tanya jawab, lokakarya, dan unjuk kinerja. Untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terlebih dahulu tim melakukan koordinasi dengan pihak yang akan terlibat dalam kegiatan terutama pihak Diknas Pendidikan Kabupaten Madiun. Kegiatan direncanakan dilaksanakan pada bulan 7 Juni 2024 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun. Kegiatan ini melibatkan perwakilan sekolah dasar negeri dan swasta se-Kabupaten Madiun dengan jumlah peserta 118 kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat mengikuti pola sebagai berikut: (1) presentasi; (2) tanyajawab; (3) lokakarya; dan (4) unjuk kinerja. Pada akhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat para peserta akan diberikan angket terkait pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan oleh TIM. Evaluasi kemampuan peserta dilakukan dengan cara melakukan diskusi pencapaian apa yang telah diperoleh oleh peserta didik mereka. Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan dengan cara memberikan angket pada peserta yang berisi tentang tanggapan peserta terhadap kegiatan pelatihan yang telah diikuti. Berdasarkan hasil evaluasi dan angket yang kami berikan ke guru-guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Madiun menyatakan pembelajaran yang mereka lakukan di satuan pendidikan masing-masing memberikan hasil yang positif dan respon yang menyenangkan dari peserta didik yang mengikuti pelatihan.

Keywords:

P5, Kurikulum Merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 5
Downloads Count: 2

Published

2025-08-04

How to Cite

Julianto, J., Kafrawi, F. R., Kristiandri, D., Reza, M., Hidayati, F., Kurniasari, … Rukmi, A. S. (2025). PELATIHAN PENYUSUNAN P5 UNTUK GURU-GURU SE KABUPATEN MADIUN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA: kurikulum merdeka, P5. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2609–2617. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.15228

Issue

Section

Articles