PELATIHAN PENYUSUNAN P5 UNTUK GURU-GURU SE KABUPATEN MADIUN DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA
kurikulum merdeka, P5
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.15228Abstract
Permasalahan mitra yang muncul pada sekolah dasar negeri dan swasta se-Kabupaten Madiun yakni pemahaman akan materi terkait penyusunan P5 dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, cara mengembangkan dan penerapan dalam pembelajaran di kelas. Oleh sebab itu, tim pengabdian kepada masyarakat melakukan suatu terobosan berupa pelatihan dalam penyusunan P5 dalam pelaksanaan kurikulum merdeka, mengembangkan dan menerapkan dalam pembelajaran di kelas dengan baik dan benar. Pola pelatihan yang digunakan meliputi presentasi, tanya jawab, lokakarya, dan unjuk kinerja. Untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini terlebih dahulu tim melakukan koordinasi dengan pihak yang akan terlibat dalam kegiatan terutama pihak Diknas Pendidikan Kabupaten Madiun. Kegiatan direncanakan dilaksanakan pada bulan 7 Juni 2024 bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Madiun. Kegiatan ini melibatkan perwakilan sekolah dasar negeri dan swasta se-Kabupaten Madiun dengan jumlah peserta 118 kepala sekolah. Metode yang digunakan dalam pengabdian kepada masyarakat mengikuti pola sebagai berikut: (1) presentasi; (2) tanyajawab; (3) lokakarya; dan (4) unjuk kinerja. Pada akhir kegiatan pengabdian kepada masyarakat para peserta akan diberikan angket terkait pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilaksanakan oleh TIM. Evaluasi kemampuan peserta dilakukan dengan cara melakukan diskusi pencapaian apa yang telah diperoleh oleh peserta didik mereka. Evaluasi terhadap pelaksanaan kegiatan pelatihan dilakukan dengan cara memberikan angket pada peserta yang berisi tentang tanggapan peserta terhadap kegiatan pelatihan yang telah diikuti. Berdasarkan hasil evaluasi dan angket yang kami berikan ke guru-guru Sekolah Dasar se-Kabupaten Madiun menyatakan pembelajaran yang mereka lakukan di satuan pendidikan masing-masing memberikan hasil yang positif dan respon yang menyenangkan dari peserta didik yang mengikuti pelatihan.
Keywords:
P5, Kurikulum MerdekaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Julianto, Fatkur Rohman Kafrawi, Dhani Kristiandri, Muhammad Reza, Fitria Hidayati, Kurniasari, Endah Rahmawati, Suprayitno, Asri Susetyo Rukmi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work