Belajar Jadi Patriot Sejak Dini : Pembentukan Karakater Nasionalisme Anak SD di SDK St. Yusuf Waipukang
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.15063Abstract
Globalisasi yang kian masif membawa tantangan serius terhadap semangat nasionalisme generasi muda, khususnya pada siswa sekolah dasar. Minimnya pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan (cinta tanah air, semangat kebhinekaaan, persatuan, kesatuan, dan keadilan social), mulai tergerus oleh perkembangan globalisasi sehingga menjadi persoalan yang perlu ditangani sejak dini. Salah satu Solusinya dilakukan melalui Kegiatan pengabdian masyarakat oleh mahasiswa MBKM Universitas Katolik Widya Mandira Kupang yang bertema “Belajar Jadi Patriot Sejak Dini: Pembentukan Karakter Nasionalisme Anak Sekolah Dasar”. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai cinta tanah air kepada siswa kelas IV SDK St. Yusuf Waipukang, Kabupaten Lembata. Kegiatan ini menggunakan pendekatan Edukatif, Interaktif, dan Partisipatif, melalui berbagai kegiatan seperti upacara bendera, pemaparan materi, diskusi,menyanyikan lagu wajib nasional, bermain peran, dan pengenalan tokoh nasional. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa tingginya antusiasme dan partisipasi aktif siswa, serta respons positif dari guru dan pihak sekolah. Kegiatan ini berhasil membangun kesadaran nasionalisme anak-anak melalui pendekatan yang menyenangkan dan sesuai dengan tingkat perkembangan mereka. Diharapkan kegiatan ini dapat menjadi model penguatan karakter kebangsaan di jenjang pendidikan dasar.
Keywords:
nasionalisme, cinta tanah air, karakter, sekolah dasar, pengabdian MasyarakatDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pius Ongky Alexandro Ade Tadon, Veronika Ina Asan Boro

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work