SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA KRIPIK UBI DI DESA BELOBATANG
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.15031Abstract
Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas berdasarkan negara, hobby, kota, kerja, sekolah dan daerah untuk melakukan komunikasi. Promosi merupakan bentuk persuasif yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Branding dan promosi di era modern tentulah serba digital dengan menggunakan media sosial sebagai saran untuk kegiatan pemasaran. Namun dalam kenyataannya, kegiatan UMKM yang dijalankan ternyata tidak lagi berjalan dikarenakan kegiatan promosi yang tidak dijalankan rutin dan produk yang hanya mencapai pasar lokal saja. Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang menggunakan hasil studi untuk melihat bagaimana facebook dapat dijangkau hingga ke pelosok dalam kegiatan pemasaran. Tindakan ini dilakukan dengan sosialisasi bagi para pelaku UMKM dan Ibu-ibu PKK desa Belobatang di Kabupaten Lembata, dengan menyampaikan pengetahuan dan informasi tentang inisiatif untuk meningkatkan perekonomian atau daya jual yang mampu bersaing dengan pasar luar menggunakan media sosial. Penggunaan media sosial facebook sebagai wadah pemasaran produk UMKM keripik ubi menjadi tujuan dari sosialisasi ini.
Keywords:
Sosilisasi, Facebook, Promosi, UMKM, Keripik UbiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aprilia Kuth, Marianus Diaz Yanto, Urbanus Ola Hurek

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work