SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA KRIPIK UBI DI DESA BELOBATANG

Authors

  • Aprilia Kuth Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Marianus Diaz Yanto Universitas Katolik Widya Mandira, Kota Kupang, Indonesia
  • Urbanus Ola Hurek Universitas Katolik Widya Mandira, Kota Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.15031

Abstract

Facebook adalah website jaringan sosial dimana para pengguna dapat bergabung dalam komunitas berdasarkan negara, hobby, kota, kerja, sekolah dan daerah untuk melakukan komunikasi. Promosi merupakan bentuk persuasif yang efektif untuk menarik perhatian konsumen. Branding dan promosi di era modern tentulah serba digital dengan menggunakan media sosial sebagai saran untuk kegiatan pemasaran. Namun dalam kenyataannya, kegiatan UMKM yang dijalankan ternyata tidak lagi berjalan dikarenakan kegiatan promosi yang tidak dijalankan rutin dan produk yang hanya mencapai pasar lokal saja. Mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandira Kupang menggunakan hasil studi untuk melihat bagaimana facebook dapat dijangkau hingga ke pelosok dalam kegiatan pemasaran. Tindakan ini dilakukan dengan sosialisasi bagi para pelaku UMKM dan Ibu-ibu PKK desa Belobatang di Kabupaten Lembata, dengan menyampaikan pengetahuan dan informasi tentang inisiatif untuk meningkatkan perekonomian atau daya jual yang mampu bersaing dengan pasar luar menggunakan media sosial. Penggunaan media sosial facebook sebagai wadah pemasaran produk UMKM keripik ubi menjadi tujuan dari sosialisasi ini.

Keywords:

Sosilisasi, Facebook, Promosi, UMKM, Keripik Ubi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 3
Downloads Count: 0

Published

2025-08-13

How to Cite

Kuth, A., Yanto, M. D., & Hurek, U. O. (2025). SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI USAHA KRIPIK UBI DI DESA BELOBATANG. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2821–2825. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.15031

Issue

Section

Articles