Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Sebagai Media Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan UMKM Desa Ria Bao

Authors

  • Ni Putu Ika Parwati Universitas Katolik Widya Mandira
  • Meylisa Yuliastuti Sahan Universitas Katolik Widya Mandira, Kota Kupang, Indonesia
  • Emanuel Kosat Universitas Katolik Widya Mandira, Kota Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14964

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan serta dampak dari pelatihan yang berfokus pada pemanfaatan platform marketplace sebagai media pemasaran, dengan tujuan untuk meningkatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Desa Ria Bao. Pelatihan ini dirancang dengan penekanan pada demonstrasi praktis, yang mencakup pembuatan label produk, pendaftaran akun di marketplace, serta deskrispsi promosi yang menarik.  Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui metode observasi langsung, dokumentasi, dan wawancara informal dengan para peserta. Temuan kualitatif yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dan motivasi di kalangan pelaku UMKM untuk mengadopsi alat pemasaran digital. Pelatihan awal ini dapat dianggap sebagai langkah fundamental dalam meningkatkan literasi digital serta memperluas akses pasar bagi UMKM yang berada di daerah pedesaan terkhususnya Desa Ria Bao. Studi ini merekomendasikan bahwa pelatihan lanjutan dan pendampingan yang berkelanjutan sangat penting untuk memaksimalkan manfaat dari pemanfaatan marketplace.

Keywords:

Marketplace, Media Pemasaran, UMKM, Desa Ria Bao

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 3
Downloads Count: 2

Published

2025-09-10

How to Cite

Parwati, N. P. I., Sahan, M. Y., & Kosat, E. (2025). Pelatihan Pemanfaatan Marketplace Sebagai Media Pemasaran Dalam Upaya Meningkatkan UMKM Desa Ria Bao. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2936–2942. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14964

Issue

Section

Articles