Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Promosi UMKM Desa Belobatang
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14894Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat. Di era digital saat ini, media sosial, khususnya Facebook, menjadi platform efektif untuk pemasaran produk UMKM karena fitur-fiturnya yang menarik dan jangkauan yang luas, bahkan di wilayah pedesaan. Namun, masyarakat umum dan pelaku UMKM di Desa Belobatang, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, masih menghadapi kendala dalam memanfaatkan Facebook secara optimal, terutama karena keterbatasan pemahaman penggunaan media sosial dan akses jaringan yang kurang memadai. Kondisi ini menyebabkan potensi unggulan desa kurang dikenal dan jangkauan pemasaran terbatas. Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), metode pendekatan yang dilakukan yaitu sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan Facebook sebagai media promosi UMKM dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM Desa Belobatang dalam mengoptimalkan media sosial untuk memperluas pasar, meningkatkan daya saing produk, dan mendorong pengembangan berbagai sektor ekonomi di Desa Belobatang secara berkelanjutan.
Keywords:
UMKM, Facebook, SosialisasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Benedikta Viviana Kwuta, Hendrikus Saku Bouk, Urbanus Ola Hurek

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work