Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Promosi UMKM Desa Belobatang

Authors

  • Benedikta Viviana Kwuta Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Hendrikus Saku Bouk Universitas Katolik Widya Mandira, Kota Kupang, Indonesia
  • Urbanus Ola Hurek Universitas Katolik Widya Mandira, Kota Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14894

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan kesejahteraan masyarakat. Di era digital saat ini, media sosial, khususnya Facebook, menjadi platform efektif untuk pemasaran produk UMKM karena fitur-fiturnya yang menarik dan jangkauan yang luas, bahkan di wilayah pedesaan. Namun, masyarakat umum dan pelaku UMKM di Desa Belobatang, Kecamatan Nubatukan, Kabupaten Lembata, masih menghadapi kendala dalam memanfaatkan Facebook secara optimal, terutama karena keterbatasan pemahaman penggunaan media sosial dan akses jaringan yang kurang memadai. Kondisi ini menyebabkan potensi unggulan desa kurang dikenal dan jangkauan pemasaran terbatas. Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), metode pendekatan yang dilakukan yaitu sosialisasi dan pelatihan pemanfaatan Facebook sebagai media promosi UMKM dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan digital masyarakat. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM Desa Belobatang dalam mengoptimalkan media sosial untuk memperluas pasar, meningkatkan daya saing produk, dan mendorong pengembangan berbagai sektor ekonomi di Desa Belobatang secara berkelanjutan.

Keywords:

UMKM, Facebook, Sosialisasi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 13
Downloads Count: 6

Published

2025-07-28

How to Cite

Kwuta, B. V., Bouk, H. S., & Hurek, U. O. (2025). Sosialisasi Pemanfaatan Media Sosial Facebook Sebagai Media Promosi UMKM Desa Belobatang . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2369–2374. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14894

Issue

Section

Articles