Pelatihan Kampanye Public Relations Bagi Organisasi Pemuda Untuk Meningkatkan Citra Dan Partisipasi Di Desa Baobolak

Authors

  • Maria Soubirous Gelu Henakin Universitas Katolik Widya Mandira Kuapng
  • Donna Isra Silaban Universitas Katolik Widya Mandira, Kota Kupang, Indonesia
  • Florencia Yunita Bello Universitas Katolik Widya Mandira, Kota Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14878

Abstract

Kampanye public relations menjadi sebuah sarana kegiatan yang dilakukan sebagai  ajang  informasi  bagi  masyarakat dalam membangun relasi ataupun bersosialasi antar sesama. Pemuda memiliki peran strategis sebagai agen perubahan sosial, namun masih menghadapi berbagai tantangan dalam hal komunikasi, minimnya inovasi, kurangnya inisiatif sosial, serta lemahnya  citra positif desa di mata masayarakat, sehingga mempengaruhi  hubungan dengan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana gambaran kegiatan k ampanye yang di lakukan untuk mendeskripsikan proses, materi, dan dampak pelatihan kampanye public relations yang dilaksanakan untuk organisasi pemuda di Desa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi karena bertujuan memahami secara jelas dan terperinci kegiatan pelatihan kampaye public relations yang di berikan bagi organisasi pemuda, serta mengetahui permasalahan yang ada di lapangan terkait kegiatan kampanye yang dilaukan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemuda yang telah dibekali keterampilan dasar PR mampu merancang kampanye yang lebih kreatif, komunikatif, dan berdampak positif terhadap persepsi masyarakat sehingga mereka mampu membangun dan  menigkatkan citra dan partisipasi di desa. Kegiatan kampanye public relations merupakan kemampuan yang harus di miliki bagi  generasi muda terkhusunya dalam organisasi pemuda sehingga dapat berkontribusi secara efektif, namun untuk dapat menghasilakan kampanye yang efektif maka perlu adanya pelatihan yang baik bagi organisasi pemuda.

Keywords:

Pelatihan, Kampanye, Public Relation

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 3
Downloads Count: 3

Published

2025-07-28

How to Cite

Henakin, M. S. G., Silaban, D. I., & Bello, F. Y. (2025). Pelatihan Kampanye Public Relations Bagi Organisasi Pemuda Untuk Meningkatkan Citra Dan Partisipasi Di Desa Baobolak. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2382–2387. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14878

Issue

Section

Articles