Pelatihan Kampanye Public Relations Bagi Organisasi Pemuda Untuk Meningkatkan Citra Dan Partisipasi Di Desa Baobolak
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14878Abstract
Kampanye public relations menjadi sebuah sarana kegiatan yang dilakukan sebagai ajang informasi bagi masyarakat dalam membangun relasi ataupun bersosialasi antar sesama. Pemuda memiliki peran strategis sebagai agen perubahan sosial, namun masih menghadapi berbagai tantangan dalam hal komunikasi, minimnya inovasi, kurangnya inisiatif sosial, serta lemahnya citra positif desa di mata masayarakat, sehingga mempengaruhi hubungan dengan publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui bagaimana gambaran kegiatan k ampanye yang di lakukan untuk mendeskripsikan proses, materi, dan dampak pelatihan kampanye public relations yang dilaksanakan untuk organisasi pemuda di Desa. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan beberapa tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan dan evaluasi karena bertujuan memahami secara jelas dan terperinci kegiatan pelatihan kampaye public relations yang di berikan bagi organisasi pemuda, serta mengetahui permasalahan yang ada di lapangan terkait kegiatan kampanye yang dilaukan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pemuda yang telah dibekali keterampilan dasar PR mampu merancang kampanye yang lebih kreatif, komunikatif, dan berdampak positif terhadap persepsi masyarakat sehingga mereka mampu membangun dan menigkatkan citra dan partisipasi di desa. Kegiatan kampanye public relations merupakan kemampuan yang harus di miliki bagi generasi muda terkhusunya dalam organisasi pemuda sehingga dapat berkontribusi secara efektif, namun untuk dapat menghasilakan kampanye yang efektif maka perlu adanya pelatihan yang baik bagi organisasi pemuda.
Keywords:
Pelatihan, Kampanye, Public RelationDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Maria Soubirous Gelu Henakin, Donna Isra Silaban, Florencia Yunita Bello

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work