Pemanfaatan Facebook dalam Membangun Personal Branding Desa Babokerong yang Menarik dan Kredibel di Era Digital

Authors

  • Maria Fetolima Universitas Katolik Widya Mandira Kupang
  • Innosensia E. I. Ndiki Satu Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Indonesia
  • Maria Florencia Yunita Bello Ilmu Komunikasi, Universitas Katolik Widya Mandira, Kupang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14847

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan perangkat desa dalam membangun personal branding desa melalui pemanfaatan media sosial, khususnya Facebook. Kegiatan ini dilaksanakan melalui empat tahapan utama, yaitu pra kegiatan, kegiatan inti, pelatihan teknis, dan evaluasi. Pada tahap pra kegiatan, dilakukan persiapan materi, penentuan sasaran peserta, serta koordinasi waktu dan tempat pelaksanaan. Kegiatan inti difokuskan pada penyampaian materi mengenai pentingnya branding desa di era digital. Sebanyak 15 orang peserta yang terdiri dari perangkat desa. Pelatihan teknis dilakukan secara praktik langsung, di mana peserta dibimbing cara memposting foto dan video ke akun media sosial desa. Evaluasi dilakukan melalui sesi diskusi dan tanya jawab untuk menilai pemahaman serta menampung kendala yang dihadapi peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta dalam mengelola konten media sosial sebagai bagian dari strategi branding desa. Metode interaktif dan praktik langsung terbukti efektif dalam mendukung keberhasilan kegiatan pengabdian ini.

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Branding Desa, Media Sosial, Facebook, Perangkat Desa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 6
Downloads Count: 5

Published

2025-08-01

How to Cite

Fetolima, M., Satu, I. E. I. N., & Bello, M. F. Y. (2025). Pemanfaatan Facebook dalam Membangun Personal Branding Desa Babokerong yang Menarik dan Kredibel di Era Digital. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2533–2539. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14847

Issue

Section

Articles