PENERAPAN PUBLIC RELATION BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI STRATEGI PEMBERDAYAAN UMKM DALAM MENJAGA LOYALITAS KONSUMEN DI DESA BAOBOLAK KECAMATAN NAGAWUTUNG KABUPATEN LEMBATA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14842Abstract
Usaha mikro kecil dan menengah adalah sebuah kegiatan yang didalam tercakup produksi dan penjualan produk ataupun juga mempromosikan sebuah jasa untuk meningkatkan kualitas usaha dan juga ekonomi pelaku usaha. Dalam menghadapi persaingan pasar yang semakin kompetitif, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dituntut untuk memiliki strategi komunikasi yang efektif guna mempertahankan loyalitas konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana strategi Hubungan Masyarakat (Humas) berbasis kearifan lokal diterapkan oleh UMKM sebagai upaya membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada beberapa UMKM di wilayah (Desa Baobolak, Kecamatan Nagawutung, Kab. Lembata). Data diperoleh melalui observasi(Kemitraan dengan Masyarakat),Wawancara dan dokumentasi.Di Desa Baobolak UMKM yang paling dominan adalah pangan lokal yang diolah dan diproduksi langsung oleh masyarakat desa Dengan produk kearifan lokal yang dominan masyarakat dibantu untuk mempromosikannya dengan inovasi penjualan yang menarik bagi konsumen.
Keywords:
UMKM, Kearifan Lokal, Loyalitas Konsumen, Strategi Komunikasi, Hubungan MasyarakatDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Joseph Cupertino M.F Talok, Maria Florencia Yunita Bello, Donna Isra Silaban

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work