Pemberdayaan Pengrajin Kayu Melalui Konten Creative Website Berbasis Tri N Mewujudkan Enteprenership Kulon Progo

Authors

  • Widodo Widodo Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Desy Rufaidah Pendidikan Bahasa dan Sastra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Umi Waidah Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Rifky Rifandi Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Risang Katon Kintoko Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Gani Nugroho Pendidikan Vokasional Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Nila Sinta Yofita Akutansi Fakultas Ekonomi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia
  • Muhlis Putro Prihandoko Pendidikan Bahasa dan Sastra Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14801

Abstract

Perkembangan teknologi saat ini dirasa sangat cepat membuat kondisi pasar semakin tidak menentu. Kemajuan ini sangat dirasakan oleh para pelaku ekonomi kreatif salah satunya Hacotan Craft, Hacotan Craft merupakan sebuah UMKM yang berlokasi di Dusun Semen sedang berupaya untuk memberdayakan masyarakat lokal dengan memproduksi kerajinan dari kayu. permasalah yang dihadapi oleh hacotan craft mencakup penggunaan teknologi dalam media promosi produk. Harapannya dengan adanya pengabdian ini hacotan craft dapat mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam sarana promosi mereka agar produk mereka dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Metode dilakukan dengan metode action research melalui pendekatan penyuluhan secara partisipatif yaitu penyuluhan yang mendorong mitra untuk berkontribusi mengikuti kegiatan pendampingan agar dapat menganalisa, mengikuti dan mengevaluasi hasil tinjauan dan prespektif penggunaan website dapat diterapkan untuk promosi. Pada dasarnya pemberdayaan ini berfokus kepada pendampingan skill masyarakat ekonomi kreatif dalam pengelolaan ekonomi kreatif secara digital. Pendampingan konten digital melalui konsep tri N menjadikan masyarakat ekonomi kreatif lokal mampu menyesuaikan perkembangan zaman saat ini yang mulai beralih secara digital dalam segi pemasaran yang efektif.

Keywords:

Pemberdayaan, Konten, Kreatif, Website, Tri N

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 25
Downloads Count: 15

Published

2025-07-31

How to Cite

Widodo, W., Rufaidah, D., Waidah, U., Rifandi, R., Kintoko, R. K., Nugroho, G., … Prihandoko, M. P. (2025). Pemberdayaan Pengrajin Kayu Melalui Konten Creative Website Berbasis Tri N Mewujudkan Enteprenership Kulon Progo. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2510–2516. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14801

Issue

Section

Articles