Peningkatan Kompetensi Karyawan Melalui Pelatihan Softskill Dan Etika Pelayanan Konsumen Di Usaha Ecoprint Batik Dahon

Authors

  • Deden Komar Priatna Universitas Winaya Mukti, Sumedang, Jawa Barat. Indonesia
  • Agus Mugiono Universitas Winaya Mukti, Sumedang, Jawa Barat. Indonesia
  • Febby Sutansyah Universitas Winaya Mukti, Sumedang, Jawa Barat. Indonesia
  • Fahry Ahyady Universitas Winaya Mukti, Sumedang, Jawa Barat. Indonesia
  • Sintia Sapitri Universitas Winaya Mukti, Sumedang, Jawa Barat. Indonesia
  • Yen Resti Universitas Winaya Mukti, Sumedang, Jawa Barat. Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14567

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) berperan penting dalam perekonomian nasional sekaligus pelestarian budaya lokal (Marina et al., 2023). Salah satu contoh adalah Ecoprint Batik Dahon di Pangandaran, Jawa Barat, yang mengembangkan produk kreatif dan ramah lingkungan. Meski potensial, usaha ini terkendala rendahnya kompetensi karyawan pada aspek soft skill dan etika pelayanan, sehingga memengaruhi kualitas interaksi pelanggan dan citra usaha.  Program pengabdian ini bertujuan meningkatkan keterampilan karyawan melalui pelatihan berbasis experiential learning, meliputi komunikasi, kerja tim, pengendalian emosi, empati, serta penerapan etika seperti kejujuran, tanggung jawab, dan nilai lokal. Pelaksanaan dilakukan melalui observasi, wawancara, diskusi kelompok, dan simulasi pelayanan. Evaluasi menggunakan pre-test, post-test, observasi, dan refleksi peserta.  Hasilnya, terjadi peningkatan kepercayaan diri, kemampuan menjelaskan produk, serta keterbukaan terhadap kritik. Karyawan mulai menerapkan standar pelayanan yang lebih humanis dan profesional. Pemilik usaha berkomitmen melanjutkan pelatihan berkelanjutan dan mentoring internal.  Program ini berdampak pada peningkatan kualitas layanan, penguatan nilai kewirausahaan berbasis kearifan lokal, dan mendukung SDGs, khususnya pekerjaan layak dan konsumsi-produksi bertanggung jawab, serta sinergi MBKM. Model ini dapat direplikasi untuk pengembangan UMKM berbasis komunitas dan budaya.

Keywords:

UMKM, soft skill, etik pelayanan, pelatihan karyawan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 1
Downloads Count: 2

Published

2025-08-12

How to Cite

Priatna, D. K., Mugiono, A., Sutansyah, F., Ahyady, F., Sapitri, S., & Resti, Y. (2025). Peningkatan Kompetensi Karyawan Melalui Pelatihan Softskill Dan Etika Pelayanan Konsumen Di Usaha Ecoprint Batik Dahon. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2755–2764. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14567

Issue

Section

Articles