Pelatihan Literasi Menulis Cerita untuk Anak TPQ melalui Buku Cerita Bergambar Berbasis Nilai Islami

Authors

  • Sari Yustiana Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia
  • Muhamad Afandi Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia
  • Sima Fatmawati Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14540

Abstract

Kemampuan literasi, yang mencakup membaca dan menulis, merupakan fondasi esensial dalam pendidikan, terutama pada usia dini Keterampilan menulis menjadi krusial di era industri 4.0, berperan sebagai modal untuk mencapai keberhasilan, meningkatkan kepercayaan diri, dan mengembangkan kreativitas. TPQ memiliki peran signifikan dalam membentuk fondasi pendidikan agama Islam bagi anak-anak, terutama dalam kemampuan membaca dan menulis Al-Qur'an, pemahaman nilai-nilai keagamaan, serta pembentukan karakter yang berakhlak mulia Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan literasi menulis cerita pada peserta didik TPQ AT TAQWA Sedayu Regency melalui pengembangan buku cerita bergambar berbasis adab ke-Islaman. Program ini diharapkan dapat menanamkan nilai-nilai adab ke-Islaman melalui cerita-cerita inspiratif dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah pelatihan keterampilan literasi menulis cerita dengan melibatkan 20 peserta. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dalam menulis cerita. Integrasi media visual dalam proses pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar serta kemampuan menulis narasi yang kreatif dan bernilai edukatif bagi peserta didik.

Keywords:

Literasi, Adab, Pendidikan Karakter

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 13
Downloads Count: 8

Published

2025-08-12

How to Cite

Yustiana, S., Afandi, M., & Fatmawati, S. (2025). Pelatihan Literasi Menulis Cerita untuk Anak TPQ melalui Buku Cerita Bergambar Berbasis Nilai Islami. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2783–2789. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14540

Issue

Section

Articles