MENUMBUHKAN ANTIFRAGILITAS DAN DAYA SAING DELIMA CAKERY SUKABUMI DALAM LANSKAP DIGITAL: PRAKTIK PEMASARAN MENGADAPTASI EVOLUSI BAURAN PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14434Abstract
Disruptif teknologi kian menantang kelincahan, fleksibilitas dan kapabilitas UKM dengan respon cepat dalam menciptakan produk hingga mengkomunikasikannya kepada pelanggan melalui berbagai teknik dan manajemen pemasaran yang semakin terevolusi dalam upaya menumbuhkan antifragilitas dan daya saing usaha. Pelaksanaan P2M dengan menawarkan tema pelatihan dan praktik pemasaran berbasis Platform dengan mengadopsi evolusi model bauran pemasaran 4P’s yang selaras dengan perkembangan teknologi digital, dimana “P” untuk “Tempat” diperluas menjadi “Platform” yang memungkinkan saluran komunikasi pemasaran memiliki jangkauan lebih luas, dengan Delima Cakery Sukabumi sebagai mitra sasaran utama. Metode pelaksanaan kegiatan dioperasionalisiasikan melalui sosialisasi, penyesuaian dan inovasi produk, evaluasi dan penyesuaian harga, menentukan platform digital utama sesuai dengan model bisnis dan karakteristik produk, dan memilih program promosi yang cocok. Hasil pelaksananan kegiatan, mampu meningkatkan kemampuan parktik pemasaran Delima Cakery Sukabumi secara online berbasis platform yang mengadopsi evolusi bauran pemasaran sehingga berpotensi dapat menumbuhkan ketahanan, antifragilitas dan daya saing usaha dalam lanskap bisnis zaman digital di era modern, yang diukur dari adanya kemampuan dalam melakukan pengembangan dan kesesuaian product, price, platform dan promotion
Keywords:
Evolusi Bauran Pemasaran, 4P, Antifragilitas, Daya SaingDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rahma Wahdiniwaty, M. Yani Syafei, Deri Firmansyah, Masduki, Andressa Noviar Azhari, Muhammad Farhan Aqsha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work