MENUMBUHKAN ANTIFRAGILITAS DAN DAYA SAING DELIMA CAKERY SUKABUMI DALAM LANSKAP DIGITAL: PRAKTIK PEMASARAN MENGADAPTASI EVOLUSI BAURAN PEMASARAN

Authors

  • Rahma Wahdiniwaty Universitas Komputer Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • M. Yani Syafei Universitas Komputer Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Deri Firmansyah STIE PASIM Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia
  • Masduki Universitas Majalengka
  • Andressa Noviar Azhari Universitas Komputer Indonesia, Jawa Barat, Indonesia
  • Muhammad Farhan Aqsha Universitas Komputer Indonesia, Jawa Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14434

Abstract

Disruptif teknologi kian menantang kelincahan, fleksibilitas dan kapabilitas UKM dengan respon cepat dalam menciptakan produk hingga mengkomunikasikannya kepada pelanggan melalui berbagai teknik dan manajemen pemasaran yang semakin terevolusi dalam upaya menumbuhkan antifragilitas dan daya saing usaha. Pelaksanaan P2M dengan menawarkan tema pelatihan dan praktik pemasaran berbasis Platform dengan mengadopsi evolusi model bauran pemasaran 4P’s yang selaras dengan perkembangan teknologi digital, dimana “P” untuk “Tempat” diperluas menjadi “Platform” yang memungkinkan saluran komunikasi pemasaran memiliki jangkauan lebih luas, dengan Delima Cakery Sukabumi sebagai mitra sasaran utama. Metode pelaksanaan kegiatan dioperasionalisiasikan melalui sosialisasi, penyesuaian dan inovasi produk, evaluasi dan penyesuaian harga, menentukan platform digital utama sesuai dengan model bisnis dan karakteristik produk, dan memilih program promosi yang cocok. Hasil pelaksananan kegiatan, mampu meningkatkan kemampuan parktik pemasaran Delima Cakery Sukabumi secara online berbasis platform yang mengadopsi evolusi bauran pemasaran sehingga berpotensi dapat menumbuhkan ketahanan, antifragilitas dan daya saing usaha dalam lanskap bisnis zaman digital di era modern, yang diukur dari adanya kemampuan dalam melakukan pengembangan dan kesesuaian product, price, platform dan promotion

Keywords:

Evolusi Bauran Pemasaran, 4P, Antifragilitas, Daya Saing

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 26
Downloads Count: 14

Published

2025-07-09

How to Cite

Wahdiniwaty, R., Syafei, M. Y., Firmansyah, D., Masduki, Azhari, A. N., & Aqsha, M. F. (2025). MENUMBUHKAN ANTIFRAGILITAS DAN DAYA SAING DELIMA CAKERY SUKABUMI DALAM LANSKAP DIGITAL: PRAKTIK PEMASARAN MENGADAPTASI EVOLUSI BAURAN PEMASARAN . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2126–2139. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14434

Issue

Section

Articles