PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SMA NEGERI 2 PANGURURAN

Authors

  • Jumaria Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar,Pematangsiantar
  • Mungkap Mangapul Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rudiarman Purba Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar,Pematangsiantar
  • Susy Alestriani Sibagariang Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Sanggam Magda Lasmaria Siahaan Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Sunggul Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Esti Marlina Sirait Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • David Berthony Manalu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Selviana Napitupulu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Tiarma Intan Marpaung Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14385

Abstract

Sekolah merupakan rumah kedua guru dan peserta didik dalam kehidupan persekolahan. Kini sekolah diibaratkan rumah, maka kelas berperan sebagai kamar. Ruang kelas adalah rumah tempat menimba ilmu, membentuk sikap baik dan karakter unggul, menata dan melatih keterampilan peserta didik. Oleh sebab itu, kelas harus dikelola dengan baik, supaya guru dan peserta didik nyaman dalam kebersamaan keseharian mereka dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan guru. Akan tetapi, dalam proses pembelajaran tidak selamanya mulus berhasil, ada kalanya hasil belajar peserta didik mengalami penurunan bahkan ketidaktuntasan, walaupun guru sudah memiliki kualifikasi dan kompetensi memadai dalam bidang pendidikan, baik kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. PTK sebagai upaya penguatan dan penyelamatan kualitas peserta didik menuju ketuntasan belajar sesuai dengan KKTP yang telah ditentukan oleh guru. Metodologi PTK sangat tepat karena melalui pendekatan penelitian yang fokus pada penerapan tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas melalui refleksi dan kolaborasi antara guru dengan peserta didik, guru dengan observer (sesama guru), pengawas, dan kepala sekolah. Keberhasilan guru dalam pembelajaran dapat dilihat dari nilai ketuntasan belajar, semakin banyak peserta didik yang melampaui KKTP, semakin tinggi tingkat ketercapaian guru dalam pembelajaran. Melalui PTK, bagi guru di SMA Negeri 2 Pangururan, Kabupaten Samosir.

 

Kata Kunci: 

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Metodologi, Kelas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 19
Downloads Count: 20

Published

2025-07-22

How to Cite

Sirait, J., Siahaan, M. M., Purba, R., Sibagariang, S. A., Siahaan, S. M. L., Pasaribu, S., … Marpaung, T. I. (2025). PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SMA NEGERI 2 PANGURURAN. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2304–2316. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14385

Issue

Section

Articles