PELATIHAN METODOLOGI PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) BAGI GURU-GURU SMA NEGERI 2 PANGURURAN
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14385Abstract
Sekolah merupakan rumah kedua guru dan peserta didik dalam kehidupan persekolahan. Kini sekolah diibaratkan rumah, maka kelas berperan sebagai kamar. Ruang kelas adalah rumah tempat menimba ilmu, membentuk sikap baik dan karakter unggul, menata dan melatih keterampilan peserta didik. Oleh sebab itu, kelas harus dikelola dengan baik, supaya guru dan peserta didik nyaman dalam kebersamaan keseharian mereka dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan guru. Akan tetapi, dalam proses pembelajaran tidak selamanya mulus berhasil, ada kalanya hasil belajar peserta didik mengalami penurunan bahkan ketidaktuntasan, walaupun guru sudah memiliki kualifikasi dan kompetensi memadai dalam bidang pendidikan, baik kompetensi profesional, pedagogik, sosial, dan kepribadian. PTK sebagai upaya penguatan dan penyelamatan kualitas peserta didik menuju ketuntasan belajar sesuai dengan KKTP yang telah ditentukan oleh guru. Metodologi PTK sangat tepat karena melalui pendekatan penelitian yang fokus pada penerapan tindakan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas melalui refleksi dan kolaborasi antara guru dengan peserta didik, guru dengan observer (sesama guru), pengawas, dan kepala sekolah. Keberhasilan guru dalam pembelajaran dapat dilihat dari nilai ketuntasan belajar, semakin banyak peserta didik yang melampaui KKTP, semakin tinggi tingkat ketercapaian guru dalam pembelajaran. Melalui PTK, bagi guru di SMA Negeri 2 Pangururan, Kabupaten Samosir.
Kata Kunci:
Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Metodologi, KelasDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jumaria Sirait, Mungkap Mangapul Siahaan, Rudiarman Purba, Susy Alestriani Sibagariang, Sanggam Magda Lasmaria Siahaan, Sunggul Pasaribu, Esti Marlina Sirait, David Berthony Manalu, Selviana Napitupulu, Tiarma Intan Marpaung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work