Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14207Abstract
Permasalahan utama guru PAI di Sekolah Dasar kurangnya pemahaman aplikatif yang komprehensif mengenai penerapan kurikulum merdeka. Banyak guru bekum sepenuhnya siap mengintegrasikan prinsip-prinsip utama Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI. Kondisi ini mampu mempengaruhi efektivitas dan keterlibatan aktif siswa. Pelatihan ini dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan tersebut, dengan tujuan untuk memastikan para guru memahami konsep dan implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), serta mampu menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran PAI di kelas. Pelatihan ini dilakukan melalui pendekatan partisipatif dalam simulasi, diskusi interaktif, kolaborasi guru PAI dan praktik langsung. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa tim PKM berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga mendorong guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Melalui tindak lanjut yang direncanakan, diharapkan keberhasilan ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi pendidikan di Trenggalek
Keywords:
Pelatihan, kurikulum, kurikulum merdeka, pembelajaran, Pendidikan Agama IslamDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fiena Saadatul Ummah, Putri Rachmadyanti, Hendrik Pandu Paksi, Roni Rodiyana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work