Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Authors

  • Fiena Saadatul Ummah Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Rachmadyanti Universitas Negeri Surabaya
  • Hendrik Pandu Paksi Universitas Negeri Surabaya
  • Roni Rodiyana Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14207

Abstract

Permasalahan utama guru PAI di Sekolah Dasar kurangnya pemahaman aplikatif yang komprehensif mengenai penerapan kurikulum merdeka. Banyak guru bekum sepenuhnya siap mengintegrasikan prinsip-prinsip utama Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran PAI. Kondisi ini mampu mempengaruhi efektivitas dan keterlibatan aktif siswa. Pelatihan ini dilaksanakan untuk menjawab kebutuhan tersebut, dengan tujuan untuk memastikan para guru memahami konsep dan implementasi Kurikulum Merdeka, khususnya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), serta mampu menerapkannya dalam kegiatan pembelajaran PAI di kelas. Pelatihan ini dilakukan melalui pendekatan partisipatif dalam simulasi, diskusi interaktif, kolaborasi guru PAI dan praktik langsung. Hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa tim PKM berhasil meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru Pendidikan Agama Islam dalam menerapkan Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengetahuan baru, tetapi juga mendorong guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, sehingga dapat menghasilkan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan di masa depan. Melalui tindak lanjut yang direncanakan, diharapkan keberhasilan ini dapat terus berlanjut dan memberikan dampak positif bagi pendidikan di Trenggalek

Keywords:

Pelatihan, kurikulum, kurikulum merdeka, pembelajaran, Pendidikan Agama Islam

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 17
Downloads Count: 11

Published

2025-07-23

How to Cite

Ummah, F. S., Putri Rachmadyanti, Hendrik Pandu Paksi, & Roni Rodiyana. (2025). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka Bagi Guru Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2330–2341. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14207

Issue

Section

Articles