Inovasi Pemasaran guna Meraih Pasar Relung untuk Industri Batik
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14036Abstract
Industri batik sebagai UKM, mampu menyerap tenaga kerja, berarti membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran. Sehingga keberadaan industri batik penting, karena sebagai salah satu tempat untuk mencari penghasilan bagi masyarakat. Maka, industri batik perlu setiap saat melakukan inovasi untuk menjaga survival usaha. Kegiatan ini dilaksanakan di Batik Bambu Kenanga, merupakan industri batik yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Tujuan kegiatan PkM ini, untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada industri batik dalam berinovasi pemasaran untuk meraih pasar relung untuk produk batik dengan pewarna alami. Kegiatan dilaksanakan dengan beberapa tahap, pertama, diskusi yaitu untuk mencapai kesepakatan dalam menjalankan kegiatan, kedua, pendampingan yaitu mendampingi mitra untuk mengoptimalkan website sebagai media pemasaran online untuk meraih pasar relung luar negeri. Ketiga, dilakukan uji coba inovasi pemasaran dengan mempertemukan mitra pada kegiatan-kegiatan yang dapat menguatkan merek Batik Bambu Kenanga serta meluaskan pasar batik dengan pewarna alami untuk disampaikan di pasar relung. Pasar relung memberikan keuntungan untuk Batik Bambu Kenanga, karena di pasar relung akan bertemu dengan pembeli yang spesifik, harga bukan pertimbangan utama, dengan pembeli seperti kolektor batik atau pembeli yang memprioritaskan pada produk ramah lingkungan. Haapannya, setelah kegiatan ini mitra mampu melanjutkan inovasi pemasaran pada pasar relung dengan cara yang lebih ditingkatkan
Keywords:
inovasi pemasaran, pasar relung, kerajinan batik, UKMDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Farika Nikmah, Halid Hasan, Tri Ramadani Arjo, Fahmi Muhammad Azzuhri, Karina Ega Nirwana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work