Inovasi Pemasaran guna Meraih Pasar Relung untuk Industri Batik

Authors

  • Farika Nikmah Politeknik Negeri Malang
  • Halid Hasan Politeknik Negeri Malang
  • Tri Ramadani Arjo Politeknik Negeri Malang
  • Fahmi Muhammad Azzuhri Politeknik Negeri Malang
  • Karina Ega Nirwana Politeknik Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14036

Abstract

Industri batik sebagai UKM, mampu menyerap tenaga kerja, berarti  membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengangguran. Sehingga keberadaan industri batik penting, karena sebagai salah satu tempat untuk mencari penghasilan bagi masyarakat. Maka, industri  batik perlu setiap saat melakukan inovasi untuk menjaga survival usaha. Kegiatan ini dilaksanakan di Batik Bambu Kenanga, merupakan industri batik yang ada di Kabupaten Malang, Jawa Timur, Indonesia. Tujuan kegiatan PkM ini, untuk memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada industri batik dalam berinovasi pemasaran untuk meraih pasar relung untuk produk batik dengan pewarna alami. Kegiatan dilaksanakan dengan beberapa tahap, pertama,  diskusi yaitu untuk mencapai kesepakatan dalam menjalankan kegiatan, kedua, pendampingan yaitu mendampingi mitra untuk mengoptimalkan website sebagai media pemasaran online untuk meraih pasar relung luar negeri. Ketiga, dilakukan uji coba inovasi pemasaran dengan mempertemukan mitra pada kegiatan-kegiatan yang dapat menguatkan merek Batik Bambu Kenanga serta meluaskan pasar batik dengan pewarna alami untuk disampaikan di pasar relung. Pasar relung memberikan keuntungan untuk Batik Bambu Kenanga, karena di pasar relung akan bertemu dengan pembeli yang spesifik, harga bukan pertimbangan utama, dengan pembeli seperti kolektor batik atau pembeli yang memprioritaskan pada produk ramah lingkungan. Haapannya, setelah kegiatan ini mitra mampu melanjutkan inovasi pemasaran pada pasar relung dengan cara yang lebih ditingkatkan

Keywords:

inovasi pemasaran, pasar relung, kerajinan batik, UKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 18
Downloads Count: 5

Published

2025-07-09

How to Cite

Nikmah, F., Hasan, H., Ramadani Arjo, T., Muhammad Azzuhri, F., & Ega Nirwana, K. (2025). Inovasi Pemasaran guna Meraih Pasar Relung untuk Industri Batik . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2195–2200. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.14036

Issue

Section

Articles