Edukasi Bijak Bermedia Sosial Untuk Efisiensi Digital Marketing Pada UMKM Di Desa Maparah

Authors

  • Acep Sandi Mutia Institut Teknologi dan Bisnis Riyadlul Ulum
  • Saifullah Pascasarjana Institut Ilmu Sosial dan Manajemen STIAMI
  • Acep Nurcahyadi Institut Teknologi dan Bisnis Riyadlul Ulum
  • Sarji Sarji Institut Teknologi dan Bisnis Riyadlul Ulum
  • Lutfi Fauzi Hidayat Institut Teknologi dan Bisnis Riyadlul Ulum
  • Ade Siti Nurjanah Institut Teknologi dan Bisnis Riyadlul Ulum
  • Putri Hardianti Institut Teknologi dan Bisnis Riyadlul Ulum

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13855

Abstract

Program edukasi bijak bermedia sosial bagi pelaku UMKM di Desa Maparah bertujuan untuk meningkatkan literasi digital dan efektivitas strategi pemasaran berbasis media sosial. Permasalahan utama yang dihadapi masyarakat desa adalah rendahnya pemanfaatan teknologi digital, khususnya media sosial, dalam promosi usaha. Melalui pendekatan action research, kegiatan ini dilakukan dalam bentuk seminar interaktif dengan materi tentang platform digital, pembuatan konten promosi, dan etika bermedia sosial. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan teknis, pemahaman strategi digital marketing, serta sikap profesional dalam komunikasi daring. Intervensi ini mendorong perubahan pola pikir dari metode konvensional ke strategi digital yang adaptif, efisien, dan berdaya saing. Keberhasilan program menunjukkan bahwa edukasi yang tepat sasaran dapat mendorong pemberdayaan UMKM dan mempercepat transformasi digital di desa.

Keywords:

Literasi Digital, Media Sosial, UMKM, Digital Marketing, Edukasi Masyarakat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 14
Downloads Count: 8

Published

2025-07-31

How to Cite

Mutia, A. S., Saifullah, Nurcahyadi, A., Sarji, S., Fauzi Hidayat, L., Siti Nurjanah, A., & Hardianti, P. (2025). Edukasi Bijak Bermedia Sosial Untuk Efisiensi Digital Marketing Pada UMKM Di Desa Maparah. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2487–2493. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13855

Issue

Section

Articles