Edukasi Lingkungan dalam Meningkatkan Nilai Tambah: Mengolah Limbah Cangkang Biji Sacha Inchi Menjadi Pupuk Organik Cair

Authors

  • Sri Ayu Andayani Universitas Majalengka
  • Siti Sofiyatun Universitas Majalengka
  • Acep Atma Wijaya Universitas Majalengka
  • Tri Ferga Prasetyo Universitas Majalengka
  • Miftah Dieni Universitas Majalengka
  • Sri Umyati Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13601

Abstract

Masyarakat, mahasiswa terutama para petani perlu diberikan pemahamaman tentang perlunya menjaga lingkungan sekitar dengan memanfaatkan limbah yang ada di lingkungan sekitar. Pentingnya menjaga lingkungan sekitar merupakan tema dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat sehingga tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pemahaman dalam menjaga lingkungan sekitar dengan mengolah limbah cangkang biji sacha inchi sehingga adanya peningkatan nilai tambah dari tanaman ini. Metode kegiatan ini melalui pendekatan edukasi dan praktek pengolahan limbah. Hasil akhir dari kegiatan ini masyarakat sekitar, petani dan mahasiswa sangat antusias dan berperan aktif sehingga menghasilkan diskusi yang interaktif. Dari hasil diskusi dan tanya jawab dihasilkannya peningkatan pemahaman dari kegiatan edukasi dalam menjaga lingkungan melalui peningkatan nilai tambah olahan limbah menjadi pupuk organic cair dengan diperkuat kegiatan praktek pengolahannya. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dapat terwujud dengan harapan adanya keberlanjutan olahan limbah dalam meningkatkan nilai tambah yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan petani.

Keywords:

Lingkungan, nilai tambah, olahan limbah, pupuk organik cair, sacha inchi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 45
Downloads Count: 37

Published

2025-07-22

How to Cite

Andayani, S. A., Sofiyatun, S., Wijaya, A. A., Prasetyo, T. F., Dieni, M., & Umyati, S. (2025). Edukasi Lingkungan dalam Meningkatkan Nilai Tambah: Mengolah Limbah Cangkang Biji Sacha Inchi Menjadi Pupuk Organik Cair. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2324–2329. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13601

Issue

Section

Articles