Pelatihan Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Off-Grid Di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13591Abstract
Ketersediaan energi fosil sebagai sumber utama pembangkit energi listrik di Indonesia akan habis jika tidak ada upaya transisi ke energi terbarukan, sehingga diperlukan pemanfaatan energi alternatif, salah satunya energi surya. Indonesia memiliki potensi energi surya sekitar 4,8 kWh/m²/hari, sebagai sumber energi terbarukan. Masalah yang dihadapi pada saat ini yaitu pemahaman dan keterampilan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbatas di tingkat siswa kejuruan. Untuk mengatasi masalah ini, maka dilakukan metode pelatihan Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu jurusan Teknik Ototronik. Tahapan pelaksanaan metode pelatihan meliputi pemberian materi PLTS dan dilanjutkan praktik penggunaan modul trainer PLTS, serta evaluasi pemahaman siswa. Tujuan pelatihan yaitu meningkatkan kompetensi siswa dalam perancangan dan instalasi sistem PLTS, sehingga siswa secara mandiri memiliki keahlian pada bidang PLTS. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam bidang PLTS, yang ditunjukkan melalui keberhasilan mereka dalam merancang sistem PLTS sederhana. Kesimpulan dari pelatihan ini yaitu dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan keahlian siswa di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu pada bidang keahlian PLTS serta membekali siswa keterampilan pemanfaatan energi terbarukan yang dapat mendukung transisi energi bersih di Indonesia
Keywords:
Energi Terbarukan, PLTS, Transisi EnergiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammmad A’an Auliq, Aji Brahma Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work