Pelatihan Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Off-Grid Di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu

Authors

  • Muhammmad A’an Auliq Universitas Muhammadiyah Jember, Jember, Indonesia
  • Aji Brahma Nugroho Universitas Muhammadiyah Jember, Jember, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13591

Abstract

Ketersediaan energi fosil sebagai sumber utama pembangkit energi listrik di Indonesia akan habis jika tidak ada upaya transisi ke energi terbarukan, sehingga diperlukan pemanfaatan energi alternatif, salah satunya energi surya. Indonesia memiliki potensi energi surya sekitar 4,8 kWh/m²/hari, sebagai sumber energi terbarukan. Masalah yang dihadapi pada saat ini yaitu pemahaman dan keterampilan teknologi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) terbatas di tingkat siswa kejuruan. Untuk mengatasi masalah ini, maka dilakukan metode pelatihan  Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu jurusan Teknik Ototronik.  Tahapan pelaksanaan metode pelatihan meliputi pemberian materi PLTS dan dilanjutkan praktik penggunaan modul trainer PLTS, serta evaluasi pemahaman siswa. Tujuan pelatihan yaitu meningkatkan kompetensi siswa dalam perancangan dan instalasi sistem PLTS, sehingga siswa secara mandiri memiliki keahlian pada bidang PLTS. Hasil pelatihan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan siswa dalam bidang PLTS, yang ditunjukkan melalui keberhasilan mereka dalam merancang sistem PLTS sederhana.  Kesimpulan dari pelatihan ini yaitu dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan keahlian siswa di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu pada bidang keahlian PLTS serta membekali siswa keterampilan pemanfaatan energi terbarukan yang dapat mendukung transisi energi bersih di Indonesia

Keywords:

Energi Terbarukan, PLTS, Transisi Energi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 8
Downloads Count: 11

Published

2025-07-10

How to Cite

Auliq, M. A., & Nugroho, A. B. (2025). Pelatihan Modul Pembangkit Listrik Tenaga Surya (Plts) Off-Grid Di SMK Muhammadiyah 3 Ambulu. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2268–2274. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13591

Issue

Section

Articles