Optimalisasi Penggunaan Google Bisnisku sebagai Strategi Pemasaran Digital bagi Sahabat UMKM Pamulang (SUP)

Authors

  • Sarah Ghania Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta
  • Desmintari
  • Nurhafifah Matondang
  • Pusporini
  • Ullya Vidriza

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13293

Abstract

Mitra dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah pelaku UMKM di Kecamatan Pamulang yang terhimpun dalam Sahabat UMKM Pamulang (SUP). Permasalahan yang ditemui pada mitra adalah belum optimalnya penggunaan Google Bisnisku untuk menunjang kegiatan pemasaran digital. Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kepada mitra untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan mitra dalam menggunakan Google Bisnisku sebagai media pemasaran digital. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah dimana peserta mendengarkan paparan narasumber serta melakukan diskusi/ tanya jawab setelah itu dilanjutkan dengan praktik pembuatan Google Bisnisku bagi yang belum mempunyai akun Google Bisnisku dan optimalisasi Google Bisnisku bagi yang sudah mempunyai akun google bisnisku. Hasil pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan peningkatan pemahaman pelaku UMKM Pamulang terkait konsep pemasaran melalui media digital, pentingnya pengelolaan informasi di Google Bisnisku serta pentingnya kepercayaan pelanggan untuk menunjang kegiatan pemasaran digital

Keywords:

Google Bisnisku, Pemasaran, Digital, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 32
Downloads Count: 18

Published

2025-07-29

How to Cite

Ghania, S., Desmintari, Matondang, N., Pusporini, & Vidriza , U. (2025). Optimalisasi Penggunaan Google Bisnisku sebagai Strategi Pemasaran Digital bagi Sahabat UMKM Pamulang (SUP) . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2429–2437. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13293

Issue

Section

Articles