MENINGKATKAN KESADARAN PELAJAR SDN 4 PENATIH DALAM PENGGUNAAN TUMBLER UNTUK GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN BERKELANJUTAN

Authors

  • I Gede Asa Dipa Kresna Kepakisan Universitas Pendidikan Nasional Denpasar, Bali, Indonesia
  • Agus Putu Abiyasa Universitas Pendidikan Nasional Denpasar, Bali, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13290

Abstract

Pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SDN 4 Penatih dengan fokus meningkatkan kesadaran pelajar tentang pentingnya penggunaan tumbler sebagai bagian dari gaya hidup ramah lingkungan yang berkelanjutan. Latar belakang kegiatan ini adalah permasalahan sampah plastik yang semakin serius dan kebutuhan untuk menanamkan perilaku peduli lingkungan sejak dini. Metode yang digunakan meliputi sosialisasi, edukasi interaktif, demonstrasi pembuatan pot bunga dari botol plastik sebagai solusi pengelolaan sampah plastik, dan pemberian tumbler sebagai simbol komitmen menjaga lingkungan. Hasil yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan antusiasme pelajar terhadap penggunaan tumbler. Meskipun demikian, tantangan seperti konsistensi perilaku dan dukungan berkelanjutan dari pihak sekolah dan keluarga masih perlu diatasi. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam menciptakan generasi muda yang lebih peduli lingkungan dan mendorong praktik-praktik sederhana seperti penggunaan tumbler untuk mengurangi dampak negatif sampah plastik. Diharapkan, program ini dapat menjadi inspirasi bagi inisiatif serupa di sekolah lain dan berkontribusi pada upaya pelestarian lingkungan yang lebih luas.

 

Keywords:

Hidup Ramah Lingkungan, Tumbler, SDN 4 Penatih, Berkelanjutan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 36
Downloads Count: 34

Published

2025-07-03

How to Cite

Kepakisan, I. G. A. D. K., & Abiyasa, A. P. (2025). MENINGKATKAN KESADARAN PELAJAR SDN 4 PENATIH DALAM PENGGUNAAN TUMBLER UNTUK GAYA HIDUP RAMAH LINGKUNGAN BERKELANJUTAN. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1775–1781. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13290

Issue

Section

Articles