EDUKASI PENINGKATAN KESADARAN LINGKUNGAN DI MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN 3R PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 22 DANGIN PURI

Authors

  • Putu Eva Ditayani Antari Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar
  • Annisa Aullia Suherman Program Studi Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Pendidikan Nasional Denpasar

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13238

Abstract

Kesadaran lingkungan merupakan sebuah aspek penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem serta kelestarian alam. Salah satu dari upaya yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kesadaran lingkungan di masyarakat ialah melalui penerapan konsep 3R yakni (Reduce, Reuse dan Recycle). Laporan ini bertujuan untuk dapat mengedukasi masyarakat khususnya siswa siswi Kelas 2 Sekolah Dasar Negeri 22 Dangin Puri Dalam meningkatkan kesadaran lingkungan melalui penerapan metode 3R. Metode yang digunakan dalam laporan ini adalah metode edukatif yang berbasis partisipatif, Yang di mana para siswa dan siswi diberikan pemahaman tentang pentingnya 3R melalui edukasi, sosialisasi, praktik langsung dan juga pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari penelitian ini dapat menunjukkan bahwa setelah penerapan edukasi 3R terdapat adanya peningkatan serta kesadaran para siswa siswi Sekolah Dasar Negeri 22 Dangin Puri Terhadap pentingnya menjaga lingkungan serta adanya perubahan berperilaku dalam pengelolaan sampah di lingkungan sekolah. Sehingga demikian, penerapan konsep 3R di lingkungan sekolah dasar dapat menjadi langkah awal yang dinilai efektif dalam membangun kesadaran lingkungan di masyarakat secara luas.

Keywords:

Kesadaran Lingkungan, Metode 3R, Sekolah Dasar, Pengelolaan Sampah

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 0
Downloads Count: 0

Published

2025-07-02

How to Cite

Antari, P. E. D., & Suherman, A. A. (2025). EDUKASI PENINGKATAN KESADARAN LINGKUNGAN DI MASYARAKAT MELALUI PENERAPAN 3R PADA SEKOLAH DASAR NEGERI 22 DANGIN PURI. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 1759–1767. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13238

Issue

Section

Articles