Pelatihan Penggunaan Aplikasi Canva Untuk Peningkatan Kompetensi Guru-Guru Di SMK HKBP Pematangsiantar
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.13033Abstract
Penggunaan media pembelajaran visual yang menarik sangat penting dalam mendukung proses pembelajaran abad ke-21. Canva sebagai salah satu platform desain grafis berbasis daring menjadi solusi praktis bagi guru dalam menciptakan materi ajar yang kreatif dan interaktif. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru SMK HKBP Pematangsiantar dalam menggunakan Canva sebagai media pendukung pembelajaran. Metode pelaksanaan meliputi pelatihan tatap muka, demonstrasi, dan praktik langsung pembuatan media ajar menggunakan Canva. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam mendesain bahan ajar yang menarik, serta antusiasme tinggi untuk menerapkan Canva dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan kompetensi guru di bidang teknologi pembelajaran digital.
Keywords:
canva, media, desain, SMK, pengabdian masyarakatDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hetdy Sitio, Lydia Purba, Juli Asmida Rambe, Christian Neni Purba, David Togi Hutahaean, Tiarma Intan Marpaung, Debi Petra Meyana Sitorus, Sahat Taruli Siahaan, Rani Farida Sinaga, Nova Yunita Sari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work