Workshop Pemanfaatan Artificial Intelligence dan Aplikasi Canva Untuk Mendukung Pembelajaran Di SDN Luwunggesik Kecamatan Krangkeng Kabupaten Indramayu
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.12852Abstract
Penggunaan kecerdasan buatan (AI) dan Canva sebagai alat bantu pembelajaran merupakan tren yang sedang berkembang di dunia pendidikan Indonesia. Namun, banyak guru sekolah dasar yang belum terbiasa dengan alat-alat ini, sehingga perlu diadakan lokakarya pengenalan. Inisiatif pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih para guru di SDN Luwunggesik, Kecamatan Kerangkeng, Kabupaten Indramayu, dalam menggunakan AI dan Canva untuk tujuan pendidikan. Format workshop/lokakarya digunakan untuk proyek layanan masyarakat ini. Dua puluh satu guru sekolah dasar berpartisipasi: sembilan orang dari SDN Luwunggesik dan dua belas orang dari Kelompok Kerja Guru (KKG) Sekolah Dasar (SD) Kecamatan Kerangkeng. Lokakarya dilaksanakan secara daring dan luring. Hasilnya menunjukkan bahwa para guru yang berpartisipasi sangat antusias. Sebagian besar melaporkan bahwa workshop ini secara signifikan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam menggunakan AI dan Canva untuk pengajaran di sekolah dasar.
Keywords:
Artificial intelligence, Canva, PembelajaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aden Arif Gaffar, Ipin Aripin, Nita Ayu Nurlaela

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work