Penguatan Literasi Hukum Sejak Dini dan Kampanye Anti Bullying di SDN Kawahmanuk

Authors

  • Ujiati Cahyaningsih Universitas Majalengka
  • Dede Salim Nahdi Universitas Majalengka
  • Candra Sapta Ramadan Universitas Majalengka
  • Hary Fathurrahman Universitas Majalengka
  • Hani Fitriani Khoerunnuisa Universitas Majalengka
  • Ibnu Ubaidillah Universitas Majalengka
  • Muhamad Ripaldo Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.12613

Abstract

Program Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Majalengka di Desa Kawahmanuk, Kecamatan Darma, dilaksanakan sebagai bentuk pengabdian masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum dan mencegah tindakan bullying sejak usia dini. Sasaran utama kegiatan ini adalah siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kawahmanuk yang diberikan pemahaman dasar mengenai hak-hak hukum anak di lingkungan sekolah, rumah, dan masyarakat. Metode pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui presentasi menggunakan media PowerPoint interaktif yang dirancang menarik dan sesuai dengan tingkat usia peserta. Selain itu, ditayangkan pula film edukatif bertema anti-bullying yang mendorong pemahaman melalui pendekatan visual dan emosional. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap konsep hak-hak anak serta munculnya kesadaran kolektif akan pentingnya menjaga perilaku positif di lingkungan sekolah. Program ini terbukti efektif dan memiliki potensi untuk diimplementasikan secara berkelanjutan di sekolah dasar lainnya dengan dukungan stakeholder pendidikan.

 

Keywords:

Literasi hokum, Anti-bullying, Hak anak, Sekolah dasar, KKNT

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 8
Downloads Count: 2

Published

2025-08-11

How to Cite

Cahyaningsih, U., Nahdi, D. S., Ramadan, C. S., Fathurrahman, H., Khoerunnuisa, H. F., Ubaidillah, I., & Ripaldo, M. (2025). Penguatan Literasi Hukum Sejak Dini dan Kampanye Anti Bullying di SDN Kawahmanuk . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(3), 2711–2718. https://doi.org/10.31949/jb.v6i3.12613

Issue

Section

Articles