Analisis Pemahaman Guru PAUD dalam Merancang Model Pembelajaran Berbasis Inklusi Gender

Authors

  • Leli Kuniawati Universitas Pendidikan Indonesia, Bandun, Indonesia
  • Hany Handayani STKIP Purwakarta
  • Silvia Azzahra Universitas Pendidikan Indonesia, Bandun, Indonesia
  • Hersi Nurapiani Universitas Pendidikan Indonesia, Bandun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.12196

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru PAUD dan masyarakat tentang pendidikan inklusi gender di Rumah Pintar Al-Barokah, Een Sukaesih, Kabupaten Sumedang. Melalui seminar yang melibatkan diskusi interaktif dan workshop, peserta diberikan pemahaman mengenai konsep pendidikan inklusi serta strategi merancang model pembelajaran responsif gender. Hasil evaluasi melalui kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta setelah mengikuti kegiatan, meskipun terdapat tantangan dalam implementasi di lapangan. Keberhasilan penghidupan kembali program Kober dan peningkatan partisipasi anak-anak dalam pendidikan menjadi indikator positif dari kegiatan ini. Temuan ini menegaskan pentingnya kolaborasi dan pendidikan inklusif dalam mendorong perubahan sosial, serta membuka peluang untuk pengembangan program pendidikan lebih lanjut di masa depan

Keywords:

Pemahaman Guru PAUD, Model Pembelajan, Inkulusi, Gender

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 51
Downloads Count: 24

Published

2025-01-07

How to Cite

Kuniawati, L., Handayani, H., Azzahra, S., & Nurapiani, H. (2025). Analisis Pemahaman Guru PAUD dalam Merancang Model Pembelajaran Berbasis Inklusi Gender. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 475–480. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.12196

Issue

Section

Articles