Analisis Pemahaman Guru PAUD dalam Merancang Model Pembelajaran Berbasis Inklusi Gender
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.12196Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru PAUD dan masyarakat tentang pendidikan inklusi gender di Rumah Pintar Al-Barokah, Een Sukaesih, Kabupaten Sumedang. Melalui seminar yang melibatkan diskusi interaktif dan workshop, peserta diberikan pemahaman mengenai konsep pendidikan inklusi serta strategi merancang model pembelajaran responsif gender. Hasil evaluasi melalui kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta setelah mengikuti kegiatan, meskipun terdapat tantangan dalam implementasi di lapangan. Keberhasilan penghidupan kembali program Kober dan peningkatan partisipasi anak-anak dalam pendidikan menjadi indikator positif dari kegiatan ini. Temuan ini menegaskan pentingnya kolaborasi dan pendidikan inklusif dalam mendorong perubahan sosial, serta membuka peluang untuk pengembangan program pendidikan lebih lanjut di masa depan
Keywords:
Pemahaman Guru PAUD, Model Pembelajan, Inkulusi, GenderDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Leli Kuniawati, Hany Handayani, Silvia Azzahra, Hersi Nurapiani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work