Implementasi Sistem Informasi Pembinaan UMKM Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Digital di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Cianjur

Authors

  • M. Yani Syafei Dosen Doktor Ilmu Manajemen Universitas Komputer Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Rahma Wahdiniwaty Dosen Doktor Ilmu Manajemen Universitas Komputer Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Ai Musrifah Mahasiswa Doktor Ilmu Manajemen Universitas Komputer Indonesia, Bandung, Indonesia
  • Hesti Umiyati Mahasiswa Doktor Ilmu Manajemen Universitas Komputer Indonesia, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.12145

Abstract

Tujuan dari kegiatan pengabdian ini adalah mengimplementasikan sistem informasi pembinaan UMKM untuk meningkatkan kinerja pemasaran digital UMKM di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT).  Dalam era digital saat ini, pemasaran menjadi salah satu faktor kunci dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).  Banyak pelaku UMKM yang masih mengalami kesulitasn dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kinerja pemasaran UMKM. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini menggunakan pendekatan wawancara dan survey dengan melibatkan pengelola PLUT, konsultan UMKM, dan pelaku dengan pemanfaatan sistem informasi berbasis web sebagai akses yang lebih mudah terhadap informmasi dan layanan, serta meningkatkan efisiensi proses pendokumentasian dan pelaporan pembinaan UMKM.  Sistem informasi ini dirancang untuk memfasilitasi interaksi antara pelaku UMKM dan konsultan, serta menyediakan platform untuk berbagi informasi dan sumber daya terkait pemasaran digital.  Dengan adanya sistem informasi ini maka pelaku UMKM dapat lebih mudah mengakses pelatihan dan bimbingan dalam menerapkan strategi pemasaran digital yang efektif. Hasil dari kegiatan pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pemasaran digital UMKM yang terlibat dalam program pembinaan dalam peningkatan akses pasar dan penjualan yang lebih baik.  Dengan mengimplementasikan sistem informasi pembinaan UMKM di PLUT dapat menjadi Langkah strategis untuk meningkatkan daya saing dan keberlanjutan UMKM di era digital

Keywords:

Sistem Informasi, Pembinaan UMKM, Pemasaran Digital, PLUT, Kinerja UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 16
Downloads Count: 11

Published

2025-01-09

How to Cite

Syafei, M. Y., Wahdiniwaty, R., Musrifah, A., & Umiyati, H. (2025). Implementasi Sistem Informasi Pembinaan UMKM Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran Digital di Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Cianjur . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 610–621. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.12145

Issue

Section

Articles