Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Desa Sagara
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11928Abstract
Potensi desa Sagara dalam bidang UMKM ini cukup baik, namun dibalik itu semua pemasaran produk UMKM yang ada di desa sagara masih terbilang cukup tradisional, karena dipasarkan di lingkungan sekitar desa sagara saja sehingga produk tidak dapat menjangkau pasar secara luas yang menyebabkan penjualan tidak akan meningkat. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, pelaku bisnis perlu perlu mempertimbangkan untuk beralih ke toko online atau dapat dikatakan untuk memulai berbisnis dengan menerapkan sistem digital marketing yaitu dengan memanfaatkan e-commerce Shopee. Metode pelaksanaan diawali dengan menganalisa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM. Kemudian dari permasalahan tersebut dirumuskan solusi dengan memberikan dua macam pelatihan, yaitu pelatihan konsep pemasaran digital dan pelatihan pembuatan akun dan toko Shopee. Berdasarkan hasil yang diperoleh, setelah mengikuti workshop ini para pelaku UMKM dapat memahami manfaat dan pentingnya strategi digital marketing melalui e-Commerce sebagai sarana pemasaran produknya. Setelah diberikan pendampingan, pelaku UMKM juga mampu membuat dan mengelola akun Toko Shopee dengan baik seperti mampu menggunggah foto dan deskripsi produk, penetapan harga produk, serta mengetahui pemanfaatan fiture lain dalam Shopee. Selain itu, Respon/tanggapan dari peserta seminar e-commerce ini sangat baik, mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.
Keywords:
digital marketing, e-commerce Shopee, peningkatan penjualan, UMKMDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Masduki, Alan Rusdiana, Pipih Sopiyan, Mochamad Febri Sayidil Umam, Ovi Hamidah Sari, Aat Humairoh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work