Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Desa Sagara

Authors

  • Masduki Universitas Majalengka
  • Alan Rusdiana Universitas Majalengka
  • Pipih Sopiyan Universitas Majalengka
  • Mochamad Febri Sayidil Umam Universitas Majalengka
  • Ovi Hamidah Sari Universitas Dian Nuasantara, Jakarta, Indonesia
  • Aat Humairoh Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11928

Abstract

Potensi desa Sagara dalam bidang UMKM ini cukup baik, namun dibalik itu semua pemasaran produk UMKM yang ada di desa sagara masih terbilang cukup tradisional, karena dipasarkan di lingkungan sekitar desa sagara saja sehingga produk tidak dapat menjangkau pasar secara luas yang menyebabkan penjualan tidak akan meningkat. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, pelaku bisnis perlu perlu mempertimbangkan untuk beralih ke toko online atau dapat dikatakan untuk memulai berbisnis dengan menerapkan sistem digital marketing yaitu dengan memanfaatkan e-commerce Shopee. Metode pelaksanaan diawali dengan menganalisa permasalahan yang dihadapi oleh UMKM. Kemudian dari permasalahan tersebut dirumuskan solusi dengan memberikan dua macam pelatihan, yaitu pelatihan konsep pemasaran digital dan pelatihan pembuatan akun dan toko Shopee. Berdasarkan hasil yang diperoleh, setelah mengikuti workshop ini para pelaku UMKM dapat memahami manfaat dan pentingnya strategi digital marketing melalui e-Commerce sebagai sarana pemasaran produknya. Setelah diberikan pendampingan, pelaku UMKM juga mampu membuat dan mengelola akun Toko Shopee dengan baik seperti mampu menggunggah foto dan deskripsi produk, penetapan harga produk, serta mengetahui pemanfaatan fiture lain dalam Shopee. Selain itu, Respon/tanggapan dari peserta seminar e-commerce ini sangat baik, mereka sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Keywords:

digital marketing, e-commerce Shopee, peningkatan penjualan, UMKM

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 17
Downloads Count: 9

Published

2025-01-15

How to Cite

Masduki, Rusdiana, A., Sopiyan, P., Umam, M. F. S., Sari, O. H., & Humairoh, A. (2025). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Penjualan Produk UMKM di Desa Sagara. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 692–695. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11928

Issue

Section

Articles