Meningkatkan Nilai Ekonomi Ubi Cilembu Melalui Transformasi Pemasaran dan Kolaborasi Masyarakat

Authors

  • Dety Sukmawati Universitas Winaya Mukti
  • Winna Roswinna Faculty of Economics and Business, Universitas Winaya Mukti, Bandung, Indonesia
  • Ida Marina Faculty of Agriculture, Universitas Majalengka, Indonesia
  • Siti Marina Student Faculty of Agriculture, Winaya Mukti University, Bandung, Indonesia
  • Syahrul Argi Ghifari Student Faculty of Agriculture, Winaya Mukti University, Bandung, Indonesia
  • Aaf Falahudin Faculty of Agriculture, Universitas Majalengka, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11894

Abstract

Program pengabdian masyarakat bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing UMKM Ma Utik, produsen ubi Cilembu di Desa Cilembu, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan secara sistematis melalui tahapan sosialisasi, pelatihan intensif, penerapan solusi teknologi, pendampingan, dan evaluasi. Program ini berfokus pada pengembangan keberlanjutan melalui peningkatan keterampilan mitra dalam strategi pemasaran, manajemen usaha, pengembangan jaringan distribusi, dan inovasi produk.  Hasil program menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam berbagai aspek. Pemahaman dan penerapan strategi pemasaran digital yang semula 40% meningkat menjadi 80%, setelah mitra dibekali dengan keterampilan dalam branding, promosi digital, dan penggunaan media sosial. Kemampuan manajemen usaha yang awalnya hanya 45% meningkat menjadi 85% melalui pelatihan dalam perencanaan bisnis dan pengelolaan keuangan. Selain itu, efektivitas jaringan distribusi meningkat dari 35% menjadi 75%, setelah pelatihan terkait negosiasi dan pembinaan hubungan dengan distributor. Inovasi produk juga mengalami peningkatan, di mana mitra berhasil mengembangkan produk baru, seperti keripik ubi dan ubi panggang, yang meningkatkan tingkat inovasi dari 30% menjadi 70%. Secara keseluruhan, program pengabdian ini berhasil memberikan solusi yang efektif dan berkelanjutan dalam meningkatkan daya saing dan produktivitas mitra. Kolaborasi masyarakat dan pendekatan sistematis terbukti menjadi strategi yang efektif dalam mengatasi tantangan yang dihadapi oleh UMKM lokal, sekaligus meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat

Keywords:

transformasi pemasaran, ubi Cilembu, strategi pemasaran, Distribusi, Inovasi Produk

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 101
Downloads Count: 103

Published

2025-02-12

How to Cite

Sukmawati, D., Roswinna, W., Marina, I., Marina, S., Ghifari, S. A., & Falahudin, A. (2025). Meningkatkan Nilai Ekonomi Ubi Cilembu Melalui Transformasi Pemasaran dan Kolaborasi Masyarakat. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 820–826. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11894

Issue

Section

Articles