Peningkatan Strategi Pemasaran UMKM Berbasis Digitalisasi Pada Produk Siomay Cap Merpati di Kampung Ciheulang Desa Mekarjaya
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11834Abstract
Program ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran berbasis digitalisasi bagi UMKM Siomay Cap Merpati di Kampung Ciheulang, Desa Mekarjaya. Tantangan utama yang dihadapi UMKM di desa ini adalah kurangnya akses teknologi dan keterbatasan dalam manajemen usaha. Program ini mengimplementasikan pelatihan pencatatan keuangan menggunakan Microsoft Excel, pemasangan banner promosi, serta sosialisasi disiplin kerja untuk meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, kami juga mendaftarkan Siomay Cap Merpati ke TikTok Shop dan mendukung pembuatan konten video untuk memperluas jangkauan pemasaran melalui platform digital. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam manajemen keuangan, promosi produk, serta interaksi dengan pelanggan melalui platform digital, memberikan dasar yang kuat untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Siomay Cap Merpati.
Keywords:
UMKM, digital marketing, pencatatan keuangan, disiplin kerja, promosi digitalDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ari Kohar, Naufal Fathona, Moch Gilang, M Rifaldi, Dea Alawiah, Ajib Kurniawan, Fauzan Dwiahna, Meila Khumaeroh, Anggi Utami, Meli Yuliani, Desy Putriyanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work