Peningkatan Strategi Pemasaran UMKM Berbasis Digitalisasi Pada Produk Siomay Cap Merpati di Kampung Ciheulang Desa Mekarjaya

Authors

  • Ari Kohar Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia
  • Naufal Fathona Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Moch Gilang Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • M Rifaldi Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Dea Alawiah Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Ajib Kurniawan Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Fauzan Dwiahna Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Meila Khumaeroh Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Anggi Utami Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Meli Yuliani Universitas Islam Nusantara, Bandung
  • Desy Putriyanti Universitas Islam Nusantara, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11834

Abstract

Program ini bertujuan untuk meningkatkan strategi pemasaran berbasis digitalisasi bagi UMKM Siomay Cap Merpati di Kampung Ciheulang, Desa Mekarjaya. Tantangan utama yang dihadapi UMKM di desa ini adalah kurangnya akses teknologi dan keterbatasan dalam manajemen usaha. Program ini mengimplementasikan pelatihan pencatatan keuangan menggunakan Microsoft Excel, pemasangan banner promosi, serta sosialisasi disiplin kerja untuk meningkatkan efisiensi operasional. Selain itu, kami juga mendaftarkan Siomay Cap Merpati ke TikTok Shop dan mendukung pembuatan konten video untuk memperluas jangkauan pemasaran melalui platform digital. Hasil dari program ini menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam manajemen keuangan, promosi produk, serta interaksi dengan pelanggan melalui platform digital, memberikan dasar yang kuat untuk pertumbuhan dan keberlanjutan bisnis Siomay Cap Merpati.

Keywords:

UMKM, digital marketing, pencatatan keuangan, disiplin kerja, promosi digital

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 31
Downloads Count: 18

Published

2025-01-03

How to Cite

Kohar, A., Fathona, N., Moch Gilang, M. G., M Rifaldi, M. R., Dea Alawiah, D. A., Ajib Kurniawan, A. K., … Desy Putriyanti, D. P. (2025). Peningkatan Strategi Pemasaran UMKM Berbasis Digitalisasi Pada Produk Siomay Cap Merpati di Kampung Ciheulang Desa Mekarjaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 401–406. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11834

Issue

Section

Articles