Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SD N.091483 Jorlang Hataran Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka

Authors

  • Christa Voni Roulina Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Apriani Sijabat Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia
  • Melda Veby Ristella Munthe Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar, Pematangsiantar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11795

Abstract

Pembelajaran yang efektif harus mampu mengakomodasi keberagaman karakteristik siswa, baik dari segi kemampuan, minat, gaya belajar, maupun latar belakang budaya. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu pendekatan yang relevan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan adaptif. Namun, banyak guru yang masih menghadapi kendala dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan prinsip diferensiasi. Oleh karena itu, pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berdiferensiasi bagi guru-guru sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi profesional mereka. Pengabdian ini bertujuan untuk merancang program pelatihan yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berdiferensiasi. Pelatihan ini meliputi materi tentang prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi, teknik identifikasi karakteristik siswa, serta pengembangan perangkat pembelajaran yang adaptif. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan praktik langsung penyusunan perangkat pembelajaran, sehingga guru tidak hanya memperoleh pengetahuan teoretis tetapi juga keterampilan praktis. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap konsep diferensiasi serta kemampuan mereka dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kebutuhan beragam siswa. Guru-guru juga menjadi lebih terampil dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang responsif dan inklusif. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model bagi upaya peningkatan kompetensi guru di bidang pembelajaran berdiferensiasi, sehingga kualitas pendidikan di sekolah dapat ditingkatkan dan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai.

Keywords:

pembelajaran berdiferensiasi, perangkat pembelajaran, pelatihan guru, peningkatan kompetensi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 39
Downloads Count: 26

Published

2025-01-02

How to Cite

Sinaga, C. V. R., Sijabat, A., & Munthe, M. V. R. (2025). Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SD N.091483 Jorlang Hataran Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 377–382. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11795

Issue

Section

Articles