Pelatihan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berdiferensiasi Bagi Guru-Guru SD N.091483 Jorlang Hataran Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11795Abstract
Pembelajaran yang efektif harus mampu mengakomodasi keberagaman karakteristik siswa, baik dari segi kemampuan, minat, gaya belajar, maupun latar belakang budaya. Pembelajaran berdiferensiasi menjadi salah satu pendekatan yang relevan untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan adaptif. Namun, banyak guru yang masih menghadapi kendala dalam menyusun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan prinsip diferensiasi. Oleh karena itu, pelatihan penyusunan perangkat pembelajaran berdiferensiasi bagi guru-guru sangat diperlukan untuk meningkatkan kompetensi profesional mereka. Pengabdian ini bertujuan untuk merancang program pelatihan yang bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru dalam menyusun perangkat pembelajaran berdiferensiasi. Pelatihan ini meliputi materi tentang prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi, teknik identifikasi karakteristik siswa, serta pengembangan perangkat pembelajaran yang adaptif. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, dan praktik langsung penyusunan perangkat pembelajaran, sehingga guru tidak hanya memperoleh pengetahuan teoretis tetapi juga keterampilan praktis. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan peningkatan pemahaman guru terhadap konsep diferensiasi serta kemampuan mereka dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang sesuai dengan kebutuhan beragam siswa. Guru-guru juga menjadi lebih terampil dalam mengembangkan strategi pembelajaran yang responsif dan inklusif. Pelatihan ini diharapkan dapat menjadi model bagi upaya peningkatan kompetensi guru di bidang pembelajaran berdiferensiasi, sehingga kualitas pendidikan di sekolah dapat ditingkatkan dan tujuan pendidikan nasional dapat tercapai.
Keywords:
pembelajaran berdiferensiasi, perangkat pembelajaran, pelatihan guru, peningkatan kompetensiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Christa Voni Roulina Sinaga, Apriani Sijabat, Melda Veby Ristella Munthe

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work