Optimalisasi Potensi Ekonomi UMKM melalui Integrasi Digital Marketing di Desa Durajaya

Authors

  • Neny Kusumadewi Universitas Majalengka
  • Raden Wulan Saparinda Universitas Majalengka
  • Rita Silvia P Universitas Majalengka
  • Robi Maulana M Universitas Majalengka
  • Tito Marta Sugema Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11712

Abstract

Desa Durajaya, Kecamatan Greged, Kabupaten Cirebon, memiliki potensi ekonomi yang besar, terutama di sektor UMKM. Namun, kurangnya pemanfaatan teknologi digital dalam pemasaran menjadi hambatan utama bagi pengembangan usaha lokal. Program pengabdian kepada masyarakat bertujuan untuk mengoptimalkan potensi ekonomi UMKM di Desa Durajaya melalui integrasi digital marketing. Kegiatan utama meliputi workshop digital marketing, pendampingan pembuatan konten, dan rebranding produk. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan media digital untuk pemasaran. Selain itu, rebranding produk berhasil meningkatkan daya tarik produk lokal di pasar yang lebih luas. Dengan adanya dukungan yang berkelanjutan, diharapkan UMKM di Desa Durajaya dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap perekonomian lokal

Keywords:

Optimalisasi UMKM, Digitak Marketing, Desa Durajaya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 19
Downloads Count: 7

Published

2025-01-02

How to Cite

Kusumadewi, N., Saparinda, R. W., Silvia P, R., Maulana M, R., & Sugema, T. M. (2025). Optimalisasi Potensi Ekonomi UMKM melalui Integrasi Digital Marketing di Desa Durajaya. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 354–357. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11712

Issue

Section

Articles