Pelatihan Soft Skill Untuk Mahasiswa Peserta KKN
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11692Abstract
Selain Hard Skill, Soft skill diperlukan oleh mahasiswa sebagai bekal mahasiswa dalam melaksanakan KKN. Tujuan dari Pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan keterampilan komunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, serta kemampuan pemecahan masalah mahasiswa. Kegiatan pelatihan ini dibagian dalam empat tahapan utama, yaitu persiapan dan perencanaan, pelaksanaan pelatihan, pendampingan dan evaluasi sampai dengan refleksi dan tindak lanjut. Berdasarkan hasil analisis dari pelaksanaan kegiatan pengabdian bahwa pelaksanaan pengabdian dapat berjalan dengan baik dan lancer. Hasil pemahaman siswa setelah pelaksanaan adalah 35% berkategori sangat baik, 55 berkategori baik, 10% berkategori cukup dan tidak ada yang berada pada kategori kurang. Hasil ini menunjukkan bahwa kegiatan pelatihan soft skill dikatakan sukses.
Keywords:
Bekerjasama, Komunikasi Efektif, Pemecahan Masalah, Soft SkillDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Indra Adi Budiman, Riza Sukma Fauzi, Indrayogi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work