Sosialiasi Peran Digital Marketing (Instagram) Dalam Meningkatkan Pemasaran Pada Kantor Konsultan Pajak
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11660Abstract
Di era teknologi canggih, pemasaran telah beralih dari metode tradisional menjadi digital marketing yang memanfaatkan internet dan aplikasi seluler. Sosialisasi mengenai peran digital marketing dilaksanakan di kantor konsultan pajak The One untuk membekali karyawan dalam memaksimalkan penggunaan teknologi guna meningkatkan ekonomi perusahaan. Dengan semakin banyaknya pengguna internet, digital marketing menjadi strategi yang efektif untuk menjangkau konsumen tanpa batasan geografis maupun waktu. Meskipun Instagram merupakan platform yang populer untuk promosi, masih banyak usaha jasa yang belum memanfaatkan fitur-fiturnya secara optimal. Sosialisasi ini menggarisbawahi pentingnya pemisahan antara akun pribadi dan akun bisnis di Instagram, serta penggunaan fitur yang ada untuk meningkatkan komunikasi dengan konsumen. Pemasaran digital tidak hanya tentang promosi, tetapi juga memerlukan pemahaman mendalam tentang kebutuhan pelanggan. Selain itu, pemasaran melalui media sosial dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas biaya. Instagram, sebagai media sosial, memungkinkan pengguna untuk berbagi foto dan video, dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan konsumen. Hal ini penting untuk membangun brand dan memperkuat komunikasi antar pelaku usaha. Pemasaran adalah komponen vital dalam operasi bisnis, yang mencakup identifikasi kebutuhan pelanggan, pengembangan produk, penentuan harga, serta metode promosi dan penjualan. Dalam konteks digital, pemasar perlu memahami tiga aspek pelanggan: hati, pikiran, dan semangat, untuk menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik. Kegiatan ini bertujuan agar karyawan dan pihak berkepentingan dapat meningkatkan keterampilan dalam pemasaran melalui media sosial, khususnya Instagram, mendukung pertumbuhan dan kualitas layanan perusahaan di era ekonomi digital yang terus berkembang
Keywords:
Pemasaran, ekonomi perusahaan, Instagram dan social mediaDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hendra, Khomeiny Yunior, Yovie Ernanda, Ricky Rafii Ritonga

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work