Pendampingan UMKM Tas dan Pakaian SEKAYUH : Strategi Pengembangan Usaha dan Peningkatan Literasi Keuangan

Authors

  • Reni Marlina STIE EKUITAS
  • Yudi Wahyudin Suwandi STIE EKUITASi, Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11526

Abstract

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia karena memberikan kontribusi yang cukup besar terutama dalam Produk Domestik Bruto (PDB) dan penyerapan tenaga kerja. Salah satu UMKM yang ada di Bandung adalah Sekayuh, Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh mitra adalah masalah pemasaran yang masih terbatas, permasalahan selanjutnya adalah karena keterbatasan sumber daya sehingga menimbulkan keraguan dari pemilik apakah sudah saatnya perusahaan menambah tenaga kerja atau mencari investor serta adanya keraguan dalam menentukan strategi bisnis yang tepat untuk keberlangsungan hidup perusahaan dan masalah informasi pendanaan. Pendampingan akan dilakukan dengan membuat strategi pengembangan usaha dengan menggunakan analisis SWOT dan peningkatan literasi keuangan yaitu memberikan informasi mengenai alternatif pendanaan berbasis digital dan bagaimana cara mendapatkan pendanaan dari lembaga keuangan non bank yaitu lembaga keuangan berbasis teknologi informasi seperti Financial Technology. Setelah kegiatan pengabdian, UMKM Sekayuh dapat membuat analisis SWOT dan mengetahui strategi yang tepat untuk dilakukan agar usahanya dapat berkelanjutan dan mengetahui adanya alternatif sumber pendanaan dari Lembaga Keuangan Non Bank berbasis digital

Keywords:

Strategi, Analisis SWOT, Literasi Keuangan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 15
Downloads Count: 14

Published

2025-01-14

How to Cite

Marlina, R., & Suwandi, Y. W. (2025). Pendampingan UMKM Tas dan Pakaian SEKAYUH : Strategi Pengembangan Usaha dan Peningkatan Literasi Keuangan. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 668–675. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11526

Issue

Section

Articles