Penguatan Kompetensi Profesional Guru SMK Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kota Semarang Melalui Teacher Leadership Training

Authors

  • Sandy Arief Universitas Negeri Semarang
  • Muzakki Bashori Universitas Negeri Semarang
  • Aulia Prima Kharismaputra Universitas Negeri Semarang
  • Anis Susanti Universitas Negeri Semarang
  • Gendis Putri Gustine Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Nanda Zahrotul ‘Aeni Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia
  • Dewi Azizatul Kholqiyah Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11449

Abstract

Guru memiliki fungsi yang sangat penting dan strategis untuk membimbing, mendidik dan melatih peserta didik sesuai capaian pembelajaran yang telah ditentukan. Kompetensi profesional bagi seorang guru tidak hanya tentang kemampuan menguasai materi yang diajarkan namun juga tentang kemampuan pengelolaan pembelajaran dan manajemen kelas. Seorang guru profesional dalam kelas dituntut mampu dalam membentuk kelompok guna menciptakan iklim belajar yang menyenangkan dengan mengoptimalkan penggunaan model, metode strategi dan media pembelajaran yang sesuai. Hal ini tentunya diperlukan keterampilan dalam memimpin kelas apabila guru bertindak sebagai fasilitator pembelajaran pada proses pengarahan peserta didik untuk mendapatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang lebih baik. Sebagai upaya dalam pengembangan kepemimpinan guru akuntansi kota Semarang, pelatihan dapat menjadi solusi yang dapat dilakukan secara intensif. Berdasarkan Teacher Leader Model Standards, pelatihan yang diberikan untuk menguatkan kompetensi profesional guru dapat dibagi menjadi 3 aktivitas utama yaitu Collaboration, Sharing Best Practices, Taking Action. Melalui pelatihan tersebut guru dengan kemampuan kepemimpinannya dalam proses pendidikan akan mampu untuk mengoptimalkan setiap elemen seperti sarana dan prasarana, keberagaman peserta didik, rekan kerja, dan budaya sekolah untuk mengarahkan peserta didik dalam pencapaian tujuan pendidikan nasional yaitu terciptanya manusia terdidik

Keywords:

guru akuntansi, kompetensi profesional, teacher leadership training

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 36
Downloads Count: 22

Published

2025-01-02

How to Cite

Arief, S., Bashori, M., Kharismaputra, A. P., Susanti, A., Gustine, G. P., ‘Aeni, N. Z., & Kholqiyah, D. A. (2025). Penguatan Kompetensi Profesional Guru SMK Akuntansi dan Keuangan Lembaga Kota Semarang Melalui Teacher Leadership Training. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 253–260. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11449

Issue

Section

Articles