Peningkatan Keterampilan Guru SD N 01 Pasirpanjang Menerapkan Pembelajaran Kebencanaan Integrasi Media DISABO

Authors

  • Diyah Ayu Retnoningsih Universitas Peradaban
  • Dwi Hesti Kristyaningrum Universitas Peradaban
  • Qori Al banin Universitas Peradaban
  • Winarto Universitas Negeri Yogyakarta
  • Nabila Sukma Juremi Universitas Peradaban
  • Gilang Dapa Pirdos Universitas Peradaban

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.11442

Abstract

Mitra Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pasirpanjang Kecamatan Salem merupakan wilayah zona merah terjadinya longsor dan banjir. Permasalahan mitra yang pertama yaitu belum melaksanakan pendidikan kebencanaan karena belum adanya program pendampingan dari instansi pemerintah atau swasta sehingga belum optimal keterampilan guru menerapkan pembelajaran integrasi kebencanaan. Berdasarkan uraian permasalah diatas perlu peningkatan guru melaksanakan  pembelajaran integrasi media DISABO. Tujuan program yaitu meningkatkan pemahaman dan keterampilan guru menerapkan pendidikan kebencanaan sehingga literasi kebencanaan siswa meningkat. Program Kemitraan Masyarakat ini merupakan desiminasi hasil penelitian pada tahun sebelumnya pada Program (Penelitian Dosen Pemula) PDP yaitu media DISABO  (Disasster Smart Book) berbasis komik untuk siswa sekolah dasar.  Kegiatan dilaksanakan pada Agustus-Oktober 2024. Metode kegiatan ini dibagi menjadi empat yaitu tahap persiapan kegiatan, tahap pelaksanaan PKM, tahap praktik pembelaajaran terintegrasi pendidikan kebencanaan, dan tahap Evaluasi program dan keberlanjutan program. Hasil capian kegiatan PKM tahap pertama yaitu 1.Kegiatan pelatihan ini telah terlaksana dan mencapai nya yaitu memberikan pelatihan kepada guru mengenai penerapan konsep pembelajaran integrasi kebencanaa. Pelatihan ini telah memberikan manfaat yang sangat baik dan tepat bagi guru-guru yang menjadi khalayak sasaran dalam kegiatan ini, dimana secara umum peserta pelatihan menunjukan sikap positif yaitu seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan tertib, baik, aktif, dan senang sampai dengan kegiatan selesai. 2. Bentuk pelatihan ini merupakan bentuk yang sangat efektif untuk memberikan wawasan baru bagi peserta pelatihan mengenai pemahaman pendidikan kebencanaan. Peningkatan keterampilan guru menyusun modul ajar sebesar 85 %, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebesar 80%, dan melakukan praktik pembelajaran sebsesar 90%. Selain itu, luaran yang dicapai publikasi media massa, manuksrip artikel hasil pengabdian, poster dan video kegiatan

Keywords:

Peningkatan, Keterampilan, Pembelajaran Integrasi Kebencanaan, DISABO, Guru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 18
Downloads Count: 12

Published

2025-04-23

How to Cite

Retnoningsih, D. A., Kristyaningrum, D. H., Al banin, Q., Winarto, W., Juremi, N. S., & Dapa Pirdos, G. (2025). Peningkatan Keterampilan Guru SD N 01 Pasirpanjang Menerapkan Pembelajaran Kebencanaan Integrasi Media DISABO. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 1327–1333. https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.11442

Issue

Section

Articles