Implementasi Digital Marketing Instagram Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Ecoprint Desa Bugel
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.11358Abstract
Kemajuan internet di era revolusi industri 5.0 berkembang secara pesat, percepatan informasi mudah dijangkau dan diakses oleh semua kalangan. Tidak terkecuali pada sistem pemasaran dan penjualan yang terus berkembang serta tuntutan konsumen yang semakin kompleks. Digital marketing merupakan strategi pemasaran yang saat ini memberikan dampak yang sangat besar terhadap penjualan. Namun sebuah umkm tidak luput dari kendala yang sedang terjadi, salah satunya yaitu kegagalan transformasi digital. Banyak UMKM yang masih gagal beradaptasi atas perkembangan teknologi karena beberapa faktor. Permasalahan inilah yang menjadi kendala UMKM ecoprint Desa Bugel sulit untuk berkembang karena hanya melakukan pemasaran secara konvensional atau dari mulut ke mulut. Tujuan pengabdian masyarakat ini yaitu melakukan pendampingan melalui pemanfaatan sosial media sebagai media promosi produk ecoprint. Metode yang digunakan yaitu pendampingan melalui beberapa tahapan yaitu observasi, perencanaan, implementasi dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu terciptanya label produk ecoprint dan pembuatan laman Instagram khusus pemasaran yang di dalamnya terkandung konten edukasi, proses pembuatan produk, informasi pemesanan dan foto produk serta dilengkapi g maps alamat penjualan.
Keywords:
Digital Marketing, Ecoprint, Strategi PemasaranDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Inta susanti, Uswatun Khasanah, Nanda Devi Aprilia, Muhammad Alif Haidar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work