Pendampingan Peningkatan Skor TOEFL bagi Himpunan Mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11302Abstract
Kemampuan berbahasa Inggris sangat penting dalam era globalisasi untuk keperluan akademis dan profesional. Program pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan skor TOEFL bagi mahasiswa Himpunan Mahasiswa Universitas Catur Insan Cendekia. Metode yang digunakan adalah ceramah dan diskusi, memberikan pemahaman mendalam tentang TOEFL, strategi efektif, serta latihan praktis. Kegiatan ini melibatkan 60 mahasiswa dari Prodi Teknik Informatika Angkatan 2022 dan dilaksanakan pada 20 Mei 2024. Hasil menunjukkan peningkatan pemahaman dan kesiapan mahasiswa dalam menghadapi tes TOEFL, serta peningkatan skor TOEFL mereka. Tahap perencanaan meliputi penyusunan materi pelatihan dan koordinasi dengan panitia. Tahap pelaksanaan mencakup sesi ceramah, diskusi, dan simulasi ujian. Pada tahap penutupan, peserta memberikan umpan balik dan menerima sertifikat. Program ini memberikan manfaat nyata dengan membuka peluang akademis dan profesional yang lebih luas bagi mahasiswa, serta meningkatkan daya saing mereka di pasar kerja global. Kegiatan ini juga merupakan bentuk kontribusi universitas dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia yang unggul
Keywords:
TOEFL, Mahasiswa, Pelatihan Bahasa InggrisDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Viar Dwi Kartika, Yuni Awalaturrohmah Solihah, Rifqi Fahrudin, Siti Luthfiatin Solihah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work