Pelatihan Bonding Bagi Guru Pjok: Untuk Optimalisasi Kemampuan Motorik Peserta Didik

Authors

  • Sujarwo universitas negeri yogyakarta
  • Yudanto Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Ridha Gata Wijaya Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11250

Abstract

Permasalahan yang ada saat ini adalah peserta didik dengan perkembangan modern semakin menurun tingkat hubungan batin (bonding) antara guru dengan peserta didik. Tidak sedikit peserta didik yang cuek, bahkan tidak peduli terhadap sosok guru pendidikan jasmani dan kesehatannya, demikian juga sebaliknya guru pendidikan jasmani dan kesehatan juga hanya menyampaikan materi, dan masuk ke kelas untuk menyampaikan materi atau mengajar sehingga kemampuan motorik peserta didik sangat kurang. Tujuan pengabdian sedini mungkin yaitu di peserta didik Sekolah Dasar dibangun bonding dengan guru pendidikan jasmani dan kesehatan, demikian juga guru penjas Sekolah Dasar diberikan pelatihan untuk membangun bonding terhadap peserta didik. Solusi dari tim pengabdi, diberikan pelatihan bonding kepada guru pengampu penjas di Sekolah Dasar di Kemantren Jetis Kota Yogyakarta sejumlah 24 orang. Hasil yang didapatkan adalah tingkat pengetahuan guru PJOK di Kemantren Jetis Kota sebagai berikut: 16 orang atau 66.7% katagori pengetahuannya Sangat Tinggi; 5 orang atau 20.87% katagori Tinggi pengetahuannya dan 3 orang atau 12.5% katagori Sedang, dan tidak ada guru PJOK yang di katagori Rendah. Kesimpulan pelatihan bonding atau ikatan batin antara guru PJOK dengan peserta didik mutlak dibangun agar kemampuan motorik peserta didik dapat dioptimalkan

Keywords:

pelatihan, bonding, guru penjas

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 9
Downloads Count: 12

Published

2025-01-14

How to Cite

Sujarwo`, S., Yudanto, Y., & Wijaya, R. G. (2025). Pelatihan Bonding Bagi Guru Pjok: Untuk Optimalisasi Kemampuan Motorik Peserta Didik. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 662–667. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11250

Issue

Section

Articles