Pelatihan Bonding Bagi Guru Pjok: Untuk Optimalisasi Kemampuan Motorik Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11250Abstract
Permasalahan yang ada saat ini adalah peserta didik dengan perkembangan modern semakin menurun tingkat hubungan batin (bonding) antara guru dengan peserta didik. Tidak sedikit peserta didik yang cuek, bahkan tidak peduli terhadap sosok guru pendidikan jasmani dan kesehatannya, demikian juga sebaliknya guru pendidikan jasmani dan kesehatan juga hanya menyampaikan materi, dan masuk ke kelas untuk menyampaikan materi atau mengajar sehingga kemampuan motorik peserta didik sangat kurang. Tujuan pengabdian sedini mungkin yaitu di peserta didik Sekolah Dasar dibangun bonding dengan guru pendidikan jasmani dan kesehatan, demikian juga guru penjas Sekolah Dasar diberikan pelatihan untuk membangun bonding terhadap peserta didik. Solusi dari tim pengabdi, diberikan pelatihan bonding kepada guru pengampu penjas di Sekolah Dasar di Kemantren Jetis Kota Yogyakarta sejumlah 24 orang. Hasil yang didapatkan adalah tingkat pengetahuan guru PJOK di Kemantren Jetis Kota sebagai berikut: 16 orang atau 66.7% katagori pengetahuannya Sangat Tinggi; 5 orang atau 20.87% katagori Tinggi pengetahuannya dan 3 orang atau 12.5% katagori Sedang, dan tidak ada guru PJOK yang di katagori Rendah. Kesimpulan pelatihan bonding atau ikatan batin antara guru PJOK dengan peserta didik mutlak dibangun agar kemampuan motorik peserta didik dapat dioptimalkan
Keywords:
pelatihan, bonding, guru penjasDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Sujarwo, Yudanto, Ridha Gata Wijaya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work