Mewujudkan Budaya Literasi Melalui Minat Membaca Bagi Siswa Sanggar Bimbingan Hulu Langat Malaysia

Authors

  • Muhamad Nur'alim Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Tio Heriyana Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Nanan Abdul Manan
  • Hana Astria Nur
  • Oman Hadiana

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.11249

Abstract

Literasi, atau kemampuan literasi, adalah keterampilan yang sangat penting yang harus dikuasai oleh siswa di era disrupsi untuk menghadapi puncak gelombang transformasi digital abad 21. Untuk tetap hidup di abad ke-21, siswa harus menguasai 16 keterampilan. Salah satu keterampilan yang dimaksud adalah keterampilan literasi dasar yang harus digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan ini termasuk pemahaman tentang cara menghadapi perubahan yang mutlak dan cara menyelesaikan masalah yang kompleks. Sanggar Bimbingan di Hulu Langat Selangor Malaysia, adalah lokasi kegiatan pengabdian ini. Memberikan pemahaman tentang pentingnya literasi dalam budaya, serta pengaruhnya, adalah tujuan pengabdian ini. Sanggar Bimbingan Hulu Langat memiliki rencana, pelaksanaan, dan laporan kegiatan yang sistematis. Beberapa kegiatan termasuk sosialisasi budaya literasi, kegiatan budaya literasi, dan pendampingan siswa dengan guru selama kegiatan literasi

Keywords:

Literasi, Malaysia, Budaya literasi, guru

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 29
Downloads Count: 18

Published

2025-04-09

How to Cite

Nur’alim, M., Heriyana, T., Abdul Manan, N., Astria Nur, H., & Hadiana, O. (2025). Mewujudkan Budaya Literasi Melalui Minat Membaca Bagi Siswa Sanggar Bimbingan Hulu Langat Malaysia. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 896–902. https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.11249

Issue

Section

Articles