PKM-Asistensi Pengembangan Bahan Ajar Microlearning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pedagogis, Literasi dan Numerasi Guru Penggerak Tingkat Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i2.11197Abstract
Pengabdian kepada masyarakat ini dilatar belakangi karena rendahnya kemampuan literasi dan numerasi peserta didik dan belum berkembangnya bahan ajar dikarenakan adanya keterbatasan pengetahuan dan kemampuan guru terkait dengan strategi pengembangan bahan ajar yg kreatif dan inovatif. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogic guru dan memberikan asistensi terkait pengembangan bahan ajar berbasis microlearning kepada guru sehingga dapat mendukung peserta didik menjadi lebih aktif dan efektif dalam belajar. Pendekatan yang digunakan yaitu berfokus pada asistensi pengembangan bahan ajar berbasis microlearning untuk meningkatkan kemampuan pedagogis guru, literasi membaca dan numerasi siswa sekolah dasar. Kegiatan pengabdian ini melibatkan 50 guru penggerak (Komunitas Guru Penggerak Kota Cimahi) yang berasal dari instansi beragam pada tingkat sekolah dasar. Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid pada 12-15 Agustus 2024 dengan melibatkan dua sesi tatap muka, yaitu daring dan luring. Hasil dari penelitian ini yaitu bahan ajar berbasis microlearning dalam format video, teks/gambar, flashcard, permainan dan audio podcast.
Keywords:
Microlearning, guru penggerak, pedagogis, literasi, numerasiDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dian Anggraeni Maharbid, Riana Irawati, Faridatul A’la, Fenty Nur Aisyah, Mahda Syifa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work