Implementasi Essential Marketing dan TikTok Marketing sebagai Upaya Pembekalan UMKM Desa Cigentur dan Desa Sukamaju Kecamatan Tanjung Kerta – Kabupaten Sumedang

Authors

  • Dani Dagustiani STIE Ekuitas, Bandung, Indonesia
  • Heppy Agustiana Vidyastuti STIE Ekuitas

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11174

Abstract

Desa Cigentur dan Sukamantri yang berada  kabupaten Sumedang merupakan kawasan yang kaya akan potensi alam,terutama dalam hal keberlimpahan pohon aren, sehingga memberikan kontribusi besar dalam perekonomian local dan menyediakan sumber mata pencaharian bagi penduduk setempat. Desa  Cigentur dan Desa Sukaresmi yang berada di kecamatan Tanjungkerta kabupaten Sumedang memiliki banyak usaha-usaha kecil namun belum terkelola dengan baik, setelah dilakukan survey pendahuluan  terdapat banyak permasalahan  yang dihadapi UMKM tersebut, diantaranya permasalahan SDM,keuangan dan Pemasaran, kami tim STIE Ekuitas memberikan solusi terkait permasalahan yang di alami oleh UMKM di Desa Cigentur dan Desa Sukaresmi sesuai dengan background kompetensi yang kami miliki yaitu di bidang marketing, sehingga diberikan  pelatihan essential marketing dan pelatihan tiktok marketing.    Hasil yang didapatkan UMKM dari Desa Cigentur dan  Desa Sukaresmi dapat  merasakan manfaatnya dimana terdapat penambahan pengetahuan dan keterampilan baru mengenai tata kelola bisnis yang baik diantaranya, pentingnya pengetahuan pondasi dasar dalam pemasaran dan memiliki keterampilan mengenai digital Marketing khususnya Tiktok Marketing dalam  proses memperluas pasar dari produk yang dihasilkan UMKM

Keywords:

tiktok marketing, essential marketing

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 24
Downloads Count: 21

Published

2025-01-02

How to Cite

Dagustiani, D., & Vidyastuti, H. A. (2025). Implementasi Essential Marketing dan TikTok Marketing sebagai Upaya Pembekalan UMKM Desa Cigentur dan Desa Sukamaju Kecamatan Tanjung Kerta – Kabupaten Sumedang. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 114–121. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11174

Issue

Section

Articles