Pembelajaran Peserta Didik Melalui Proses Bermain dan Berhitung Menggunakan Kartu Angka untuk Meningkatkan Sensorik dan Motorik dalam Kecerdasan Anak disekolah TK DHARMA WANITA

Authors

  • Annah Hubaedah Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Dwi Yuniar Permatasari Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Restu Dwi Andini Agustya Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Hanifah Azhari Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Kesya Margaretha Silaen Universitas PGRI Adibuana Surabaya
  • Shalma Nur Ercha UNIVERSITAS PGRI ADI BUANA SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.11151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini  melalui Bermain dan Berhitung. Subjek penelitian adalah 45 anak TK A dan B di Taman Kanak-Kanak DHARMA WANITA. Metode yang digunakan adalah pre-test-post-test dengan desain penelitian quasi-experiment. Perlakuan yang diberikan adalah bermain dan berhitung yang bertemakan bilangan angka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan berhitung anak setelah mengikuti program bermain dan berhitung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bermain dan berhitung dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini

Keywords:

Anak usia dini, kreatifitas, Pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 129
Downloads Count: 89

Published

2024-10-09

How to Cite

Hubaedah, A., Permatasari, D. Y., Agustya, R. D. A., Azhari, H., Silaen, K. M., & Ercha, S. N. (2024). Pembelajaran Peserta Didik Melalui Proses Bermain dan Berhitung Menggunakan Kartu Angka untuk Meningkatkan Sensorik dan Motorik dalam Kecerdasan Anak disekolah TK DHARMA WANITA. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(4), 2388–2392. https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.11151

Issue

Section

Articles