Pembelajaran Peserta Didik Melalui Proses Bermain dan Berhitung Menggunakan Kartu Angka untuk Meningkatkan Sensorik dan Motorik dalam Kecerdasan Anak disekolah TK DHARMA WANITA
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v5i4.11151Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui Bermain dan Berhitung. Subjek penelitian adalah 45 anak TK A dan B di Taman Kanak-Kanak DHARMA WANITA. Metode yang digunakan adalah pre-test-post-test dengan desain penelitian quasi-experiment. Perlakuan yang diberikan adalah bermain dan berhitung yang bertemakan bilangan angka. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan pada kemampuan berhitung anak setelah mengikuti program bermain dan berhitung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bermain dan berhitung dapat menjadi media yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini
Keywords:
Anak usia dini, kreatifitas, PendidikanDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annah Hubaedah, Dwi Yuniar Permatasari, Restu Dwi Andini Agustya, Hanifah Azhari, Kesya Margaretha Silaen, Shalma Nur Ercha

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work