Pemanfaatan Teknologi Drone untuk Pembelajaran Geografi Spasial Era 4.0 di Smk Negeri 2 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11116Abstract
Semua bidang pendidikan, termasuk geografi, harus mengembangkan teknologi yang canggih, mudah diakses, dan berbasis internet karena munculnya era baru masyarakat 5.0. Drone untuk pemetaan adalah salah satu teknologi yang berkembang dalam bidang keilmuan geografi. Walau bagaimanapun, kemajuan teknologi di bidang geografi masih belum dimasukkan ke dalam pembelajaran geografi, terutama di tingkat pendidikan menengah kejuruan, seperti yang terlihat di SMK N 2 Surakarta. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa guru di sekolah menengah masih belum mengetahui perkembangan teknologi ini. Ini adalah latar belakang kegiatan pengabdian ini, yang bertujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan pemahaman guru di tingkat pendidikan menengah tentang penggunaan drone untuk berbagai kajian geografi. Penyebaran informasi tentang teknologi drone, pelatihan, dan simulasi pengoperasian drone adalah bagian dari pengabdian. Peserta sangat antusias untuk mengikuti kegiatan, dan mereka mengapresiasi bagaimana kegiatan dilakukan karena menarik dan memberi mereka banyak pengetahuan. Hasil evaluasi menunjukkan peningkatan nilai antara hasil pre-test dan post-test, yang menunjukkan bahwa peserta lebih memahami penggunaan teknologi drone. Bahkan, peserta meminta kegiatan lanjutan yang lebih khusus yang membahas penggunaan drone dalam satu kajian tertentu, mulai dari pengumpulan data hingga pengolahan
Keywords:
Pendidikan, Spasial, geografi, droneDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Danardono, Basyar Ihsan Arijuddin, Afif Ari Wibowo, Wahyu Tyas Pramono, Ecky Safira Maharani Dewi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work