Menggunakan dan Mengkreasikan Sumber dan Media Pembelajaran dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sekolah

Authors

  • Bradley Setiyadi FKIP Universitas Jambi https://orcid.org/0000-0002-7505-4033
  • Firman Universitas Jambi
  • Aprillitzavivayarti Universitas Jambi
  • Denny Denmar Universitas Jambi
  • Agus Lestari Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11002

Abstract

Media dan sumber belajar yang dibuat dan dikreasikan oleh guru dan siswa dapat memberikan manfaat yang besar bagi ketercapaian tujuan pembelajaran yang diharapkan. Mengkreasikan barang-barang atau bahan-bahan yang ada di lingkungan sekolah dapat meningkatkan kreativitas siswa serta membuat kegiatan pembelajaran menjadi lebih bermakna. Media pembelajaran dan sumber belajar merupakan penunjang proses belajar yang selalu berlangsung dalam suatu lingkungan pendidikan yang mencangkup lingkungan fisik, sosial, intelektual dan nilai-nilai. Lingkungan di sekitar peserta didik, baik yang ada di dalam maupun yang ada di luar sekolah, dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar, dimana dengan pemanfaatan lingkungan tersebut, peserta didik mendapatkan pengalaman belajar konkret karena dapat mengamati objek secara langsung sehingga proses pembelajaran menjadi optimal

Keywords:

sumber belajar, media pembelajaran, lingkungan pendidikan

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 20
Downloads Count: 18

Published

2025-01-02

How to Cite

Setiyadi, B., Firman, Aprillitzavivayarti, Denmar, D., & Lestari, A. (2025). Menggunakan dan Mengkreasikan Sumber dan Media Pembelajaran dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sekolah . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 100–106. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.11002

Issue

Section

Articles