Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar GMIM Pinaras Kota Tomohon

Authors

  • Cecilia Lelly Kewo Universitas Negeri Manado
  • Roos Marie Stella Tuerah Universitas Negeri Manado, Sulawesi utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.10976

Abstract

Kampus Mengajar merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai bagian dari program Kampus Merdeka Belajar (MBKM). Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di luar kampus dan mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah yang kompleks dengan menjadi mitra guru dan sekolah untuk melakukan inovasi pembelajaran, menyusun strategi dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Kampus mengajar juga membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Kegiatan kampus mengajar telah dilaksanakan di SD GMIM Pinaras dengan melibatkan perguruan tinggi, dinas pendidikan dan kebudayaan, siswa, guru, dan siswa. Pelaksanaan kegiatan kampus mengajar dapat membantu penguatan nilai-nilai profil siswa Pancasila. Dengan inovasi kegiatan kampus mengajar yang bekerja sama dengan guru melalui rutinitas dan kebiasaan, nilai-nilai unsur-unsur profil siswa Pancasila dapat tertanam. Kegiatan ini membantu dalam peningkatan profil pelajar Pancasila secara konkrit meningkatkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, penalaran kritis, keberagaman global, gotong royong, kemandirian dan kreativitas di kalangan siswa sekolah dasar

Keywords:

Pelajar Pancasila, program kampus mengajar, sekolah dasar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 19
Downloads Count: 13

Published

2025-01-08

How to Cite

Kewo, C. L., & Tuerah, R. M. S. (2025). Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar GMIM Pinaras Kota Tomohon. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 521–527. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.10976

Issue

Section

Articles