Meningkatkan Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar di Sekolah Dasar GMIM Pinaras Kota Tomohon
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.10976Abstract
Kampus Mengajar merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi sebagai bagian dari program Kampus Merdeka Belajar (MBKM). Program ini bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar di luar kampus dan mengembangkan kemampuannya dalam memecahkan masalah yang kompleks dengan menjadi mitra guru dan sekolah untuk melakukan inovasi pembelajaran, menyusun strategi dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Kampus mengajar juga membantu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa di sekolah dasar. Kegiatan kampus mengajar telah dilaksanakan di SD GMIM Pinaras dengan melibatkan perguruan tinggi, dinas pendidikan dan kebudayaan, siswa, guru, dan siswa. Pelaksanaan kegiatan kampus mengajar dapat membantu penguatan nilai-nilai profil siswa Pancasila. Dengan inovasi kegiatan kampus mengajar yang bekerja sama dengan guru melalui rutinitas dan kebiasaan, nilai-nilai unsur-unsur profil siswa Pancasila dapat tertanam. Kegiatan ini membantu dalam peningkatan profil pelajar Pancasila secara konkrit meningkatkan nilai-nilai keimanan, ketakwaan, akhlak mulia, penalaran kritis, keberagaman global, gotong royong, kemandirian dan kreativitas di kalangan siswa sekolah dasar
Keywords:
Pelajar Pancasila, program kampus mengajar, sekolah dasarDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Cecilia Lelly Kewo, Roos Marie Stella Tuerah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work