Membangun Brand Kopi Toraja: Inovasi Pemasaran Milenial untuk Petani Kopi di Rantepao melalui Media Sosial
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.10848Abstract
Kopi Toraja dikenal sebagai salah satu komoditas unggulan Indonesia yang memiliki cita rasa khas dan kualitas tinggi. Namun, penjual kopi di Rantepao, Toraja Utara, menghadapi tantangan dalam meningkatkan visibilitas dan penjualan produk mereka di pasar global. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pemasaran berbasis media sosial yang dapat digunakan oleh petani milenial untuk meningkatkan kualitas brandring hasil olahan kopi. Melalui pengembangan identitas merek yang kuat, interaksi aktif dengan pelanggan, kolaborasi dengan influencer, dan penyelenggaraan acara, petani kopi dapat memperkuat posisi mereka di pasar dan menarik lebih banyak konsumen. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berguna bagi petani kopi dan pelaku industri lainnya dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif
Keywords:
Kopi Toraja, Pemasaran Media Sosial, Brandring, Petani Milenial, RantepaoDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rigel Sampelolo, Althon Pongtuluran

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work