Implementasi ‘English after School’ bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Majalengka
DOI:
https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.10567Abstract
Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program "English After School" bagi siswa sekolah dasar di Kabupaten Majalengka sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris siswa melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Dalam pelaksanaannya, program ini melibatkan mahasiswa dan dosen dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk memberikan bimbingan belajar di luar jam sekolah. Program dilaksanakan dalam empat pertemuan yang masing-masing difokuskan pada pengembangan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti program ini mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan berbahasa Inggris, terutama dalam hal kepercayaan diri berkomunikasi, penguasaan kosakata, dan pemahaman struktur kalimat sederhana. Kerjasama antara dosen, mahasiswa, dan sekolah dalam pelaksanaan program ini juga memperkuat hubungan akademik dan memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program EAS dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa secara signifikan. Program EAS juga memberikan berbagai manfaat bagi siswa, seperti meningkatkan rasa percaya diri, memperluas wawasan, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa program EAS merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa sekolah dasar di Kabupaten Majalengka. Program EAS direkomendasikan untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain di Indonesia. Kesimpulannya, implementasi program "English After School" di Kabupaten Majalengka berhasil mencapai tujuannya dan dapat dijadikan model pengabdian kepada masyarakat yang efektif untuk diterapkan di daerah lain. Program ini berkontribusi secara signifikan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.
Keywords:
English After School, Pendidikan Bahasa InggrisDownloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Rama Dwika Herdiawan, Eka Nurhidayat, Nanda Yuliana, Ayudha Ramadhian, Muhammad Ridwan Saleh Sudjana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
An author who publishes in the BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat agrees to the following terms:
- Author retains the copyright and grants the journal the right of first publication of the work simultaneously licensed under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- The author is able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book) with the acknowledgment of its initial publication in this journal.
- The author is permitted and encouraged to post his/her work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of the published work