Implementasi ‘English after School’ bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Majalengka

Authors

  • Rama Dwika Herdiawan Universitas Majalengka
  • Eka Nurhidayat Universitas Majalengka
  • Nanda Yuliana Universitas Majalengka
  • Ayudha Ramadhian Universitas Majalengka
  • Muhammad Ridwan Saleh Sudjana Universitas Majalengka

DOI:

https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.10567

Abstract

Tujuan dari artikel ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi program "English After School" bagi siswa sekolah dasar di Kabupaten Majalengka sebagai bagian dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Program ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi berbahasa Inggris siswa melalui metode pembelajaran yang interaktif dan menyenangkan. Dalam pelaksanaannya, program ini melibatkan mahasiswa dan dosen dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris untuk memberikan bimbingan belajar di luar jam sekolah. Program dilaksanakan dalam empat pertemuan yang masing-masing difokuskan pada pengembangan keterampilan mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa Inggris. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa siswa yang mengikuti program ini mengalami peningkatan signifikan dalam kemampuan berbahasa Inggris, terutama dalam hal kepercayaan diri berkomunikasi, penguasaan kosakata, dan pemahaman struktur kalimat sederhana. Kerjasama antara dosen, mahasiswa, dan sekolah dalam pelaksanaan program ini juga memperkuat hubungan akademik dan memberikan pengalaman praktis yang berharga bagi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program EAS dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa secara signifikan. Program EAS juga memberikan berbagai manfaat bagi siswa, seperti meningkatkan rasa percaya diri, memperluas wawasan, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa program EAS merupakan solusi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa sekolah dasar di Kabupaten Majalengka. Program EAS direkomendasikan untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain di Indonesia. Kesimpulannya, implementasi program "English After School" di Kabupaten Majalengka berhasil mencapai tujuannya dan dapat dijadikan model pengabdian kepada masyarakat yang efektif untuk diterapkan di daerah lain. Program ini berkontribusi secara signifikan dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan bahasa Inggris di tingkat sekolah dasar.

Keywords:

English After School, Pendidikan Bahasa Inggris

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Abstract Views : 17
Downloads Count: 6

Published

2025-01-08

How to Cite

Herdiawan, R. D., Nurhidayat, E., Yuliana, N., Ramadhian, A., & Sudjana, M. R. S. (2025). Implementasi ‘English after School’ bagi Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Majalengka . BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 563–570. https://doi.org/10.31949/jb.v6i1.10567

Issue

Section

Articles